Ini yang Paling Dicari di Internet Selama Ramadan

3
Bulan Ramadan 2017, Google

SULSELSATU.com, JAKARTA – Google merilis hasil riset dan prediksi perilaku masyarakat Indonesia jelang bulan Ramadan 2017. Hasil penelitian ini didasarkan pada pola perilaku masyarakat Indonesia selama Ramadan tahun lalu.

Penelitian yang dimaksud berkutat pada aktivitas pengguna YouTube dan mesin pencari Google selama Ramadan 2016 lalu. Hasilnya digunakan untuk memprediksi kemungkinan perilaku konsumen pada Ramadan 2017.

Dari riset tersebut, Google menemukan bahwa dalam periode Ramadan orang-orang cenderung lebih banyak beraktivitas menggunakan ponselnya. Aktivitas ini antara lain googling atau menggunakan situs pencari Google untuk mencari resep berbuka puasa, ide kado Lebaran, hingga berbelanja.

“Bahkan orang-orang yang biasanya tidak belanja online akan membeli sesuatu dari internet selama bulan Ramadhan. Bagi pengiklan tentu ini merupakan momen yang penting,” ujar Head of E-Commerce Google Indonesia, Henky Prihatna seperti dikutip dari Kompas.com, Kamis (25/5/2017).

Berdasarkan perilaku konsumen pada 2016, Google juga merangkum sejumlah prediksi perilaku yang akan muncul pada Ramadhan 2017 ini. Berikut ini rinciannya.

1. Mencari informasi

Orang-orang akan memakai Google Search untuk mendapatkan informasi dan inspirasi yang berkaitan dengan Ramadhan. Berkaca pada tahun lalu, tren ini diyakini bakal makin besar. Indikatornya adalah adanya kenaikan penelurusan sebesar 28 persen pada 2016 jika dibandingkan 2015.

2. Belanja produk baru

Indikatornya, pada tahun 2016, penelusuran yang berkaitan dengan pakaian melonjak 2,8 kali lipat, alat-alat rumah tangga meningkat 2 kali lipat, dan promosi telepon seluler sebesar 1,8 kali lipat. Hal serupa diprediksi akan terjadi di tahun ini.

3. Mencari kartu kredit

Pada tahun 2016, penelusuran terkait pembayaran lewat cicilan meningkat sebesar 1,6 kali lipat, sementara promo kartu kredit meningkat 1,2 kali lipat.

Hal serupa diprediksi akan terjadi tahun ini. Orang-orang akan cenderung mencari dan memakai kartu kredit karena pengeluaran menggunakan uang tunai sudah besar.

4. Mencari promo dan diskon

Penelusuran yang berkaitan dengan promosi dan diskon memuncak saat Ramadan. Misalnya, penelusuran smartphone mencapai puncaknya pada pekan pemberian THR (tunjangan hari raya), dengan peningkatan kata kunci tentang harga dan promosi sebesar 40 persen.

5. Merencanakan perjalanan

Berdasarkan tren penelusuran, pemudik di Indonesia merencanakan perjalanan mudik dengan kereta sekitar 3 bulan sebelum Ramadan, sementara bus dan penerbangan domestik dimulai sekitar 2 bulan sebelumnya.

Editor : Awang Darmawan

Rekomendasi Berita

Baca Juga