Hilal Tidak Terlihat di Makassar

3
Hilal Terlihat di Makassar, 1 Ramadan Kemungkinan Jatuh Sabtu Besok

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Kementerian Agama (Kemenag) Sulsel bekerjasama Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah IV Makassar melakukan pemantauan hilal sebagai landasan penetapan awal Ramadan 1438 H di gedung GTC, Jumat (26/5/2017).

Kepala BMKG Wilayah IV Makassar, Sujarwo mengatakan, waktu matahari terbenam 17.55 WITA dan bukan 18.31 WITA serta lama bulan di atas ufuk selama 36 menit.

“Melihat perhitungan seperti itu, posisi bulan kali ini bisa terlihat meski hanya dengan memakai mata telanjang. Karena tinggi bulan di atas 7 derajat,” ujar Sujarwo.

Sujarwo menjelaskan, secara perhitungan bulan dapat terlihat dengan mata telanjang di atas 5 derajat. Namun ketika posisi bulan di bawah 5 derajat, tidak bisa terlihat dengan mata telanjang harus memakai alat.

“Karena posisi bulan 8 derajat 56 menit. Makanya bulan bisa terlihat,” ucapnya.

Namun, setelah dilakukan pemantauan, hilal tidak terlihat. Hilal terhalang oleh awan tebal.

Meskipun begitu, keputusan resmi awal bulan Ramadan 1438 H menunggu hasil keputusan badan hisab rukyat pusat Departemen Agama RI.

Dari pantauan Sulselsatu.com, pemantauan hilal ini turut diikuti ejumlah akademisi, mahasiswa, perwakilan sejumlah ormas Islam.

Penulis : Habib Rahdar
Editor : Awang Darmawan

Rekomendasi Berita

Baca Juga