Ramadan, Santri Ponpes MDIA Bontoala Ziarah ke Makam Para Ulama

21
Bulan Ramadan 2017

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Beragam tradisi yang dilakukan masyarakat dalam menyambut bulan suci Ramadan. Salah satunya dengan menziarahi makam sanak keluarga dan juga ulama.

Seperti yang dilakukan santri dan alumni Pondok Pesantren Ma’had Diraasaatil Islaamiyyah Wal Arabiyyah (MDIA) Bontoala Makassar.

Mereka berbondong-bondong berziarah ke makan ulama pendiri Pondok Pesantren MDIA Bontoala Makassar, AGH. Abd. Kadir Khalid, AGH. Ahmad Bone dan beberapa ulama lainya di pekuburan Arab, di Jalan Kandea, Bontoala Makassar, Jumat (26/5/2017).

Ketua IKA MDIA Bontoala Makassar, Rahman Hasanuddin, memimpin rombongan Santri dan Alumni MDIA Bontoala menyampaikan bahwa ziarah makam adalah tradisi santri dan alumni MDIA Bontoala Makassar setiap ada hajatan besar.

“Ziarah makam kiai khususnya makam pendiri MDIA hampir setiap bulan kami lakukan. Kami bersyukur karena makam beliau sangat dekat dari pesantren dan banyak pula ulama yang dimakamkan disini (pekuburan arab Bontoala), dan ini menjadi berkah tersendiri buat kami keluarga besar MDIA Bontoala,” ungkap Wakil Ketua DPC PPP Makassar itu.

Diketahui, almarhum AGH Abd. Kadir Khalid adalah alumni Universitas al-Azhar Kairo, Mesir yang mendirikan Pondok Pesantren MDIA Bontoala tahun 1969. Dan sekarang Pondok Pesantren MDIA Bontoala Makassar dipimpin oleh AGH. Abd. Mutthalib yang merupakan murid Gurutta Kadir, sapaan AGH Abd. Kadir Khalid.

Penulis : Ramdhan Akbar
Editor : Awang Darmawan

Rekomendasi Berita

Baca Juga