Tips Memilih Takjil dari BBPOM untuk Hidangan Berbuka Puasa

7
Takjil
Takjil

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Momen Ramadhan sangat dinantikan oleh umat Muslim seluruh  dunia,  tak terkecuali di Indonesia. Euforia menyambut ramadhan sangat telihat pada kalangan ibu-ibu rumah tangga. Berbagai persiapan akan dilakukan mulai dari penyambutan ramadhan hingga persiapan menu buka puasa. Salah satu menu wajib saat berbuka puasa adalah takjil.

Banyak kalangan ibu-ibu khususnya ibu muda yang berkarier diluar rumah tidak sempat lagi membuat takjil untuk buka puasa keluarga di rumah. Membeli takjil siap santap jadi solusi termudah. Mulai dari kue basah, kolak hingga berbagai jenis minuman manis tersedia lengkap di pasaran maupun dipinggir-pinggir jalan menjelang buka puasa.

Mengolah sendiri takjil pasti lebih terjamin kualitasnya, lain dengan membeli. Kita tidak pernah tahu higienitas pengolahannya. Kita tentu harus tahu trik khusus dalam memilih takjil yang aman dan higienis.

Berikut ini trik-trik yang disarankan BBPOM dalam memilih makanan berbuka puasa.

Untuk minuman segar seperti Es Dawet, pilih yang warnanya tidak terlalu mencolok dan mudah hancur.

Ketika memilih es dawet, kita harus perhatikan dawetnya, warna hijau terlalu mencolok dan mengkilap dan tidak gampang putus sudah pasti mengandung pewarna kain dan boraks.

Pilihlah Cincau yang mudah hancur.

Cincau yang kenyal dan susah putus dapat dipertanyakan keamanannya, ciri cincau yang bebas pengawet adalah yang mudah hancur,  jadi cincau yang susah hancur sudah pasti mengandung boraks.

Untuk kue basah, gorengan dan Kolak, pilihlah yang tidak mengandung banyak minyak  dan kadar gula tinggi.

Dalam berbuka puasa, memang dianjurkan memilih makanan yang manis-manis, namun terlalu berlebihan mengonsumsi makanan manis bisa berdampak buruk bagi kesehatan. Kue basah warna-warni juga patut di waspadai, warna terlalu mencolok pada kue basah biasanya menggunakan pewarna tekstil.

Belilah takjil yang sudah terpercaya.

Kepercayaan masyarakat menjadi hal yang patut untuk kita pilih, belilah takjil di tempat yang sudah kita kenal penjualnya, sebab kita telah mengetahui keamanan dan higienitas jajanan yang dijualnya.

Penulis : Mawar A. Pasakai
Editor : Arput Rh

Rekomendasi Berita

Baca Juga