Baznas: Tingkat Kepercayaan Masyarakat Terhadap Pengelolaan Zakat Meningkat

63

SULSELSATU.com – Tingkat kepercayaan masyarakat terhadap pengelolaan zakat diklaim mengalami peningkatan oleh Badan Amil Zakat Nasional (Baznas). Hal tersebut dilihat dari kenaikan penghimpunan dana publik.

Ketua Baznas Bambang Sudibyo mengatakan, penghimpunan zakat, infak dan sedekah secara nasional sepanjang tahun lalu mencapai Rp 5,12 triliun. Nilai itu meningkat 20 persen dibandingkan dengan perolehan pada tahun sebelumnya.

“Kepercayaan masyarakat meningkat, yang dapat dilihat dari kenaikan penghimpunan dana publik,” ungkapnya dalam keterangan resmi, Rabu 24 Mei 2017 lalu.

Bambang menjelaskan perolehan dana publik tersebut bersumber dari seluruh wilayah Indonesia. Penghimpunan dana oleh Baznas pusat tercatat senilai Rp111,69 miliar, sedangkan selebihnya bersumber dari Baznas Provinsi dan Kabupaten/Daerah serta lembaga amil zakat yang dikoordinasikan.

Adapun, pendistribusian dan pendayagunaan zakat, infak dan sedekah pada 2016 tercatat telah mencapai sekitar 75 persen dari dana yang terhimpun.

Bambang juga menuturkan laporan keuangan Baznas 2016 juga meraih predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). Predikat WTP ini adalah hasil pemeriksaan akuntan publik terhadap laporan keuangan yang disusun berdasarkan standar akuntansi dan diaudit menggunakan norma pemeriksaan akuntansi zakat PSAK 109 tahun 2012.

Dengan capaian tersebut, pihaknya berharap masyarakat akan makin mempercayakan zakat, infak dan sedekahnya melalui Baznas.

Foto: Int
Sumber : Tempo. Co
Editor : Arput Rh

Rekomendasi Berita

Baca Juga