Kemenag Sulsel : Meski Awal Puasa Sama, Lebaran Bisa Saja Berbeda

4
Bulan Ramadan 2017

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Pemerintah menetapkan bahwa 1 Ramadan 1438 H jatuh pada Sabtu (27/5/2017). Keputusan ini didasarkan pada hasil sidang isbat yang dipimpin Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin di Kementerian Agama, Jakarta, Jumat (26/5/2017).

“Berdasarkan perhitungan hisab dan rukyat, semua peserta sidang sepakat bahwa malam ini memasuki 1 Ramadan,” kata Menteri Lukman, saat memberikan keterangan pers.

Penetapan awal Ramadan ini sama dengan yang ditetapkan oleh ormas Muhammadiyah sebelumnya. Pimpinan Pusat Muhammadiyah telah jauh hari menetapkan 1 Ramadan jatuh pada Sabtu besok berdasarkan hasil perhitungan (hisab hakiki) yang diyakini oleh ormas Islam terbesar di Indonesia itu.

Meski demikian, Kepala Kantor Wilayah Kemenag Provinsi Sulsel Abdul Wahib Tahir menilai penetapan 1 Syawal 1438 H bisa saja berbeda nantinya. Sebab, hal itu tergantung dari hasil observasi hilal.

“Belum tentu sama lebaran. Nanti akan ada lagi observasi hilal untuk menentukan 1 Syawal,” ujarnya, saat ditemui di pemantauan hilal di Lantai 2 Mal GTC, Makassar.

Di Makassar sendiri, hilal tak terlihat karena tertutupi awan tebal. Meski menurut hasil perhitungan BMK dan Kemenag, hilal hari ini sudah berada di posisi 8 derajat yang menurut ijtima’ para ulama sudah memenuhi standar minimal penetapan 1 Ramadan.

Penulis : Habib Rahdar
Editor : Awang Darmawan

Rekomendasi Berita

Baca Juga