ACC : Kepala Daerah Lakukan Berbagai Cara untuk Dapat WTP

4
Kejati Sulsel, ACC Sulsel, Wiwin Suwandi, Bupati Takalar, Burhanuddin Baharuddin, Makassar, Sulsel, Media di Sulsel, Sulselsatu, Terkini dan Terbaru tentang Sulsel

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Staf Badan Pekerja Anti Corruption Commitee (ACC), Wiwin Suwandi mengatakan, penangkapan auditor Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menunjukkan jika predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) terhadap laporan keuangan pemerintah daerah dan lembaga daerah rawan dimainkan.

Sebab, kepala daerah, instansi dan juga kementerian/lembaga negara sangat berkepentingan terhadap opini WTP ini untuk membangun citra yang bersih dari korupsi di masyarakat.

“Mereka akan menggunakan segala cara untuk dapat predikat itu,” jelas Wiwin, saat dihubungi Sulselsatu.com, Sabtu (27/5/2017).

Seperti diketahui, KPK menangkap seorang pejabat BPK, Jumat (26/5/2017) bertepatan dengan malam awal Ramadan 1438 H. Oknum pejabat BPK tersebut dibekuk dalam operasi tangkap tangan (OTT).

Operasi tangkap tangan tersebut terkait pemberian predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) kepada salah satu lembaga negara.

Wakil Direktur ACC, Abdul Kadir Wokanubun menilai penangkapan terhadap auditor BPK ini adalah bukti bahwa praktek transaksi terlarang untuk mendapatkan opini WTP adalah sebuah kebenaran yang tak bisa ditampik.

“Penangkapan tersebut mempertegas ke publik bahwa jual beli hasil audit untuk dapatkan WTP ternyata bukan cuma gosip, tapi fakta,” jelas Kadir.

Penulis : Munawir
Editor : Awang Darmawan

Rekomendasi Berita

Baca Juga