Agar Tetap Vit Menjalani Ibadah Puasa, Ikuti Saran Berikut

6

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Bagi Anda yang menjalankan ibadah puasa, jangan jadikan puasa sebagai alasan untuk menghambat aktivitas sehari-hari. Ikuti beberapa pola hidup sehat berikut ini agar vit menjalani ibadah puasa:

1.Jangan lupa makan sahur.
Anda harus makan sahur, karena makan sahur dapat memproduksi energi sehingga tetap vit saat berpuasa.

2.Hindari beraktivitas terlalu lama di bawah terik matahari.
Banyak berativitas di bawah terik matahari akan menguras cadangan energi dan cairan dalam tubuh.

3.Saat berbuka puasa secara bertahap, makanlah secara bertahap.
Sistem pencernaan bekerja lebih lambat saat puasa. Karena itu, jangan kalap menyantap makanan saat berbuka puasa. Asupan makanan dalam jumlah besar yang masuk secara tiba-tiba akan meningkatkan beban secara tiba-tiba pula, sehingga merusak ritme kerja sistem pencernaan.

Beberapa butir kurma sesungguhnya sangat tepat untuk mengawali buka puasa. Kandungan gulanya yang pas akan segera mengisi kekosongan energi dalam tubuh.

Kemudian selingi dengan meminum segelas air putih. Beberapa saat setelahnya barulah makan dengan menu makanan bergizi untuk mengembalikan kesegaran tubuh.4. Tetap berolahraga

4.Minumlah air putih secukupnya saat sahur dan berbuka.
Asupan air putih yang cukup adalah kunci agar tubuh tetap kuat selama puasa. Biasakan meminum air putih 8–12 gelas per hari. Ingat, 60 persen komposisi tubuh kita terdiri atas air. Tubuh akan lemas bila kekurangan asupan air putih saat puasa.

Editor : Arput Rh

Rekomendasi Berita

Baca Juga