Kecamatan Sa’dan, Toraja Utara Kembangkan Tenun Asli Lembang Andulan

65
Toraja Utara, Tenun Lembang Andulan

SULSELSATU.com, TORAJA – Pemerintah Kecamatan Sa’dan, Kabupaten Toraja Utara tengah fokus mengembangkan kain tenun hasil kerajinan tangan masyarakat asli Lembang Andulan. Pemerintah kecamatan kini sedang giat melakukan penataan dan pemasaran hasil kerajinan tangan untuk dipasarkan ke luar daerah Kabupaten Toraja.

Camat Sa’dan, Yamarlin mengatakan, hal ini merupakan salah satu program unggulan yang diusung oleh pemerintah kecamatan di bawah kepemimpinannya. Pasalnya, dari 251 kepala keluarga (KK) yang bermukim di Lembang Andulan, 99 persen diantaranya bergelut dalam usaha tenun ini.

“Di Kecamatan Sa’dan saat ini sudah terbentuk dua kampung, yaitu Kampung Toga di Lembang Sangkaropi dan Kampung KB di Lembang Ulusalu. Sekarang menjadi tiga, dengan bertambahnya Kampung Pertenunan,” katanya, Jumat (26/5/2017).

Yamarlin menambahkan, pihaknya telah mendirikan Badan Usaha Lembang (BUMLEM) di Lembang Andulan untuk mempermantap penataan dan pemasaran kain tenun hasil kerajinan tangan masyarakat.

“Saya berharap ini dapat membantu masyarakat dalam pemasarannya”, ungkap Yamarlin.

Sementara itu, Kepala Lembang Andulan, Kecamatan Sa’dan, Kabupaten Toraja Utara, Frans Derik Mangiri mengatakan, pihaknya juga sangat berharap peran pemerintah daerah untuk memasarkan kain tenun hasil kerajinan masyarakat Lembang Andulan. Ia berharap agar pemerintah daerah turut membantu menarik investor untuk melirik potensi kerajinan tangan ini.

“Dengan begitu, kami berharap agar pendapatan masyarakat khususnya di Lembang Andulan ini bisa meningkat. Petenun di Lembang ini, dari anak-anak sampai nenek-nenek dapat menenun. Karena kerajinan ini sudah turun-temurun sejak jaman dahulu,” jelasnya.

Frans juga menyebut jika pihaknya sangat terbuka bagi masyarakat yang ingin berkunjung ke kampung tenun di Lembang Andulan. Lokasi Kampung Tenun ini berjarak sekitar 1,5 jam perjalanan dari jantung Kota Rantepao.

Editor : Awang Darmawan

Rekomendasi Berita

Baca Juga