5 Kali Raih WTP BPK, ini kata Bupati Indah

15
5 Kali Raih WTP BPK, ini kata Bupati Indah
5 Kali Raih WTP BPK, ini kata Bupati Indah

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Raut muka bahagia terpancar dari wajah Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani. Tak henti-hentinya bupati cantik ini tersenyum usai mendengar Ketua BPK RI Harry Azhar Azis membacakan hasil Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) TA 2016 dan menetapkan Luwu Utara menerima opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) untuk kelima kalinya.

Bupati Indah mengungkapkan, penghargaan yang didapatkannya merupakan pekerjaan rumah untuk lebih bekerja keras lagi membenahi kesejahteraan masyarakat Luwu Utara.

“Alhamdulillah, kami bersyukur tapi tentu kesyukuran ini semakin bertambah apabila kesejahteraan semakin membaik khususnya masyarakat Luwu Utara. Yang paling penting bagaimana memastikan selain pengelolaan keuangannya berjalan sesuai dengan aturan, adalah semakin menurunnya angka pengangguran dan semakin membaiknya pertumbuhan ekonomi,” kata Indah kepada Sulselsatu.com, Senin (29/5/2017) di Gedung BPK Perwakilan SulSel Jalan Andi Pangeran Pettarani Makassar.

Lebih lanjut,  Bupati Indah menuturkan salah satu keunggulan Luwu Utara sehingga mendapatkan WTP untuk kelima kalinya adalah kesiapan sumber daya manusia yang mengelola sumber keuangan di setiap Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD).

“Ini kelima kalinya sejak tahun 2010, kami mendapat WTP dari BPK, ini merupakan kesiapan SDM dalam mengelola keuangan dan mulai tahun ini juga kami mewajibkan untuk seluruh SKPD membuat LKPD,” ujarnya.

Kendati demikian, bupati cantik ini menyatakan tidak mau terlalu larut dalam euforia opini WTP sebab sesuai dengan pasal 20 dan pasal 21 Undang-undang no 15 tahun 2004, pemerintah daerah harus melakukan tindak lanjut atas hasil pemeriksaan BPK.

“Sebenarnya ini merupakan PR untuk kami, sebab kami harus menyampaikan jawaban atas tindak lanjut hasil pemeriksaan dalam waktu 2 bulan sejak diterimanya LHP ini, kami tidak boleh main-main, pengawasannya sangat ketat,” pungkasnya.

Penulis : Mawar A. Pasakai
Editor : Arput Rh

Rekomendasi Berita

Baca Juga