BPK Belum Mau Pecat Pejabat yang Ditangkap KPK

7
Badan Pemeriksa Keuangan, Harry Azhar Azis

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) belum mau memecat auditornya yang ditangkap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam operasi tangkap tangan, akhir pekan lalu.

Anggota BPK RI, Harry Azhar Azis mengatakan, pihaknya tidak ingin asal memecat dan masih ingin menunggu putusan hukum tetap dalam kasus tersebut.

“Kita menggunakan prinsip praduga tak bersalah. Kita tahu tersangka itu belum dinyatakan bersalah, tapi kalau (keputusan hukumnya) sudah inkrah maka kita akan pecat,” kata Harry Azhar, usai menghadiri Rapat Paripurna DPRD Sulsel tentang Laporan Hasil Pemeriksaan atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Tahun Anggaran 2016 kepada DPRD dan Gubernur Provinsi Sulsel di Kantor DPRD Sulsel, Senin, (29/5/2017).

Harry Azhar menegaskan pihaknya tetap akan menindak tegas oknum auditor yang merusak nama baik lembaga BPK. Apalagi, kasus yang menimpa BPK saat ini bukan pertama kalinya.

Akan tetapi jauh sebelum dirinya terlibat di BPK, auditor BPK Jawa Barat pernah mengalami hal yang sama.

Olehnya, Harry Azhar menyarankan agar kiranya pejabat yang terjaring dalam kasus ini segera mengundurkan diri sebelum ada keputusan hukum tetap. Guna menghindari pemecatan secara tidak terhormat.

“Kalau dia nantinya akhirnya terhukum, maka dia dipecat dengan tidak terhormat. Nah, lebih baik sebelum itu terjadi, mungkin yang bersangkutan sebaiknya mengundurkan diri,” ujarnya.

Penulis : Habib Rahdar
Editor : Awang Darmawan

Rekomendasi Berita

Baca Juga