Tiga Dosen Hukum Unhas Jadi Pembicara pada Konferensi Internasional di Filipina

16
Universitas Hasanuddin, Unhas

SULSELSATU.com, FILIPINA – Tiga dosen Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin menjadi pembicara dalam Konferensi Internasional bertajuk Regional Capacity Development Technical Assistance Strengthening Capacity for Environmental Law in the Asisa-Pacific: Develipong Environmental Law Champions yang dilaksanakan di Cebu, Filipina, mulai 29-30 Mei 2017.

Mereka antara lain, Birkah Latif, M. Zulfan Hakim, dan Maskun. Ketiganya tergabung dalam delegasi Indonesia bersama satu dosen lainnya dari Universitas Indonesia, Andri G. Wibisana.

Di hadapan peserta konferensi yang berasal dari 14 negara, ketiganya mempresentasikan Implementasi Indonesia NDCs (Nationally Determined Contribution).

Kegiatan ini merupakan kelanjutan dari TTT Program yang dilaksanakan pada tahun 2015 dan 1st Regional Rountable pada tahun 2016. Konferensi kali ini dihadiri oleh perwakilan berbagai negara seperti Filipina, China, Vietnam, Malaysia, India, Nepal, Sri Lanka, Bangladesh, Pakistan, Cambodia, Laos, Myanmar, Thailand, dan Indonesia.

Kegiatan ini merupakan upaya terstruktur untuk menyebarluaskan pengembangan hukum lingkungan untuk menjadi “Developing Environmental Law Champions”.

Isu pokok pada kegiatan saat ini adalah perubahan iklim (climate change), khususnya bagaimana komitmen negara negara Asia Pasifik dalam menurunkan emisi sebagaimana disebutkan dalam Paris Agreement 2015, yang telah diratifikasi Indonesia melalui Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2016, pada Oktober 2016.

Kegiatan ini sendiri disponsori oleh Asian Development Bank (ADB) dan IUCN Academy of Environmental Law.

Editor : Awang Darmawan

Rekomendasi Berita

Baca Juga