Mekanisme Penentuan Cawagub IYL Tuai Pujian

11
FKPPI, FKPPI Sulsel, Forum Komunikasi Putra-Putri Purnawirawan TNI/Polri, Ichsan Yasin Limpo, Ichsan YL, Syahrul Yasin Limpo, SYL, Irman Yasin Limpo, None, Pontjo Sutowo, Sulsel, Sulselsatu, Media di Sulsel, Makassar, Punggawa
Ichsan Yasin Limpo. (SULSELSATU/MUNAWIR)

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Mekanisme penentuan calon wakil gubernur (cawagub) pendamping Ichsan Yasin Limpo (IYL) dinilai sangat tepat. Selain sangat demokratis, mekanisme melalui musyawarah mufakat mengesankan penyatuan yang solid antartokoh dari geopolitik yang beragam.

Kerukunan Keluarga Luwu Raya Cabang Kota Parepare, meyakini pendamping IYL nanti merupakan figur terbaik yang diyakini bisa membangun kebersamaan dalam melanjutkan kemajuan Sulawesi Selatan.

“Lima figur bakal cawagub pendamping IYL saat ini, merupakan figur-figur terbaik dan mencerminkan keterwakilan geopolitik yang ada di Sulsel,” ujar Safar Muhtar, Sekretaris Kerukunan Keluarga Luwu Raya Cabang Kota Parepare, Senin (29/5/2017).

Lima kandidat yang menguat sebagai bakal cawagub pendamping Ichsan Yasin Limpo, antara lain Bupati Pinrang Andi Aslam Patonangi, Bupati Luwu Andi Mudzakkar, Datu Luwu Andi Maradang Mackulau, anggota DPRD Sulsel Andi Yaqkin Padjalangi, serta mantan Kapolda Sulselbar Mathius Salempang.

Kelima tokoh ini akan melangsungkan musyawarah bersama dalam menentukan figur yang paling tepat untuk berpasangan dengan IYL pada Pilgub 2018 mendatang. Musyawarah mufakat direncanakan dilakukan pada 7 Juni 2017 mendatang.

Sebelumnya, pengamat dan kalangan akademisi, maupun aktivis memuji cara Ichsan dalam menentukan pendamping. Apalagi, penentuannya kini diputuskan sendiri oleh lima nama yang dikerucutkan.

Di samping itu, penentuan tersebut juga bisa menjaga kekecewaan bakal calon lainnya jika keputusannya ditempuh secara musyawarah dan mufakat.

Penulis : Asrul
Editor : Awang Darmawan

Rekomendasi Berita

Baca Juga