Dewan Maros Minta Koperindang Antisipasi Pasar Tumpah

7
Dewan Maros Minta Koperindang Antisipasi Pasar Tumpah
Dewan Maros Minta Koperindang Antisipasi Pasar Tumpah

SULSELSATU.com, MAROS – Dinas Koperasi dan Perdagangan (Koperindag) Maros dihimbau untuk mengantisipasi munculnya pasar tumpah atau pasar musiman Ramadan yang merugikan pengendara dan warga lain.

Anggota Komisi II DPRD Maros, Patarai Amir mengatakan, Koperindag harus bertindak untuk mencegah pasar tumpah yang menggangu pembeli, ada beberapa titik pasar tumpah yang sangat menggangu pedangang lain dan pembeli serta pengguna jalan, diantaranya berada di Maccopa dan sekitar pasar sentral Maros.

“Seharusnya sejak awal Koperindag berkoordinasi dengan Satpol PP atau Polisi demi mengantisipasi kemacetan yang kerap terjadi akibat pasar tumpah,” ujarnya Ketua Golkar Maros ini.

Koperindag diminta untuk turun ke lapangan dan mengatur lapak pedagang, supaya tidak mengambil bahu jalan yang mengakibatkan penyempitan ruas jalan dan kemacetan.

Selain itu, Koperindag diminta untuk rutin memantau harga sembako selama Ramadan. Jika terjadi kenaikan harga barang, harus ada solusinya dari Koperindag.

“Koperindag juga harus rutin memantau kue yang dijual pedagang. Jangan sampai ada pedagang nakal yang mencampurkan bahan pengawet ke kuenya,” katanya.

Patarai berharap, Koperindag meminta kepada Dinas Kesehatan untuk memastikan kelayakan makanan yang dijual pedagang selama ramadan.

Sementara itu Kepala Dinas Koperindag Maros Syamsir mengatakan, untuk mengantisipasi keberadaan pasar tumpah, pihaknya telah berkoordinasi dengan Satpol PP dan Dinas Perhubungan.

Untuk saat ini, Koperindag telah menyebar anggotanya untuk bertugas di daerah rawan pasar tumpah, seperi Bulu-bulu, Batangase dan pasar sentral.

Penulis : Indra
Editor : Arput Rh

Rekomendasi Berita

Baca Juga