BMKG: Beberapa Daerah di Sulsel Terancam Bencana Alam

47
bmkg
bmkg

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Akhir-akhir ini bencana seringkali terjadi. Sebut saja Longsor di Luwu serta Kabupaten Bukukumba dan Kabupaten Sinjai yang baru-baru ini dilanda banjir. Hal itu terjadi disebabkan oleh anomali cuaca yang terjadi di wilayah Sulsel.

Prakiraan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Wilayah IV, Soejarwo saat dihubungi Sulselsatu.com Via WhatsApp mengatakan, jika keunikan daripada kondisi topografi Sulsel lah yang menyebabkan adanya pertumbuhan awan hujan di sejumlah daerah di Sulsel.

“Untuk bulan Mei 2017 merupakan periode awal musim kemarau untuk sebagian besar wilayah di Indonesia dan Sulawesi Selatan. Namun dikarenakan kondisi topografi wilayah Sulawesi Selatan yang unik, menyebabkan perbedaan kondisi cuaca suhu muka laut yang masih hangat di perairan Sulawesi Selatan dan kelembaban udara yang masih tinggi, dapat menyebabkan adanya pertumbuhan awan hujan di beberapa wilayah Sulawesi Selatan,” katanya.

“Terutama untuk wilayah utara, tengah dan timur Sulawesi Selatan,” tambahnya.

Dalam beberapa hari terakhir kata Jarwo, terjadi hujan dengan intensitas lebat hingga sangat lebat di Kabupaten Bulukumba, Kabupaten Sinjai dan Kabupaten Bantaeng yang menyebabkan banjir.

Intensitas curah hujan yang lebat itu oleh BMKG, di prediksi akan terjadi sampai tanggal (31/5/2017) besok.

Adapun daerah yang diperkirakan akan terkena dampak daripada anomali cuaca tersebut yakni , wilayah Sulsel bagian utara meliputi, Kabupaten Luwu Timur, Kabupaten Luwu Utara dan Kota Palopo.

Wilayah Sulsel bagian tengah meliputi, Kabupaten Tana Toraja, Kabupaten Enrekang, Kabupaten Sidrap dan Kabupaten Wajo. Adapun wilayah Sulsel bagian timur meliputi, Kabupaten Bone, Kabupaten Sinjai, Kabupaten Bantaeng, dan Kabupaten Bulukumba.

Oleh karena kondisi tersebut, BMKG menghimbau masyarakat agar mewaspadai bencana hidrometeorologi seperti banjir dan longsor yang berpotensi terjadi dalam beberapa hari ke depan.

Penulis : Habib Rahdar
Editor : Arput Rh

Rekomendasi Berita

Baca Juga