Bank Indonesia Siapkan Rp 167 Triliun untuk Lebaran 2017

6
Bank Indonesia, Lebaran 2017, Bulan Ramadan 2017
Ilustrasi. (INT)

SULSELSATU.com, JAKARTA – Bank Indonesia menyiapkan tambahan uang tunai pada bulan Ramadan dan Idul Fitri tahun 2017 ini. Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi lonjakan permintaan masyarakat terhadap uang tunai selama Ramadan dan Idul Fitri.

Total uang tambahan yang siap dikucurkan yakni sebesar Rp 167 triliun.

“Jadi Bank Indonesia sudah mempersiapkan pasokan uang untuk kebutuhan Lebaran, equivalent Rp 167 triliun. Uang itu sudah kami siapkan dan sudah kami distribusikan kepada seluruh kantor kami,” kata Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo seperti dikutip dari Kompas.com, Selasa (30/5/2017).

Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo menjelaskan, tiap tahunnya jumlah uang yang disiapkan harus meningkat sekitar 14 persen. BI tak ingin masyarakat jangan sampai kekurangan uang tunai selama bulan Ramadan ini.

Terlebih, hal itu juga bisa memicu peredaran uang palsu di masyarakat. Terkait hal itu, Agus berencana melakukan pertemuan dengan Kapolri Jenderal Tito Karnavian pada 5 Juni mendatang.

Rencananya, Agus dan Tito akan memberi video conference briefing kepada seluruh Kepala Kantor BI di seluruh Indonesia dan juga Kapolda masing-masing daerah.

Tujuannya untuk memastikan agar Kapolda bersama Kepala Kantor Perwakilan BI di seluruh Indonesia siap mengantisipasi peredaran uang palsu.

“Ini juga untuk mempersiapkan diri, sehubungan dengan jangan sampai ada uang palsu yang beredar. Maupun bentuk-bentuk fraud di money changer, perusahaan transfer dana, atau perusahaan pengelola kartu debet atau kartu ATM,” kata Agus.

Editor : Awang Darmawan

Rekomendasi Berita

Baca Juga