Masyarakat Diimbau Tak Naik Motor Saat Mudik

4
Pelindo IV, Arus Mudik Lebaran, Lebaran 2017

SULSELSATU.com, JAKARTA – Masyarakat yang akan memanfaatkan masa mudik Lebaran 2017 diimbau untuk tidak menggunakan roda dua. Masyarakat diminta untuk lebih memanfaatkan mudik gratis yang diselenggarakan, baik oleh swasta, BUMN, atau pemerintah.

Hal itu disampaikan Menteri Perhubungan Budi Karya, seperti dikutip dari Kompas.com, Selasa (30/5/2017).

“Kami harapkan dengan adanya mudik gratis, (pemudik) motor itu bisa berkurang jumlahnya,” ujar Budi.

Kemenhub memperkirakan, pemudik Lebaran pada 2017 ini mengalami peningkatan. Pada sektor penumpang udara, misalnya, diperkirakan mengalami peningkatan sebesar 9 persen.

Sementara, pemudik motor juga diperkirakan meningkat sebesar lebih dari 10 persen.

“Makanya, kami mengimbau terus agar jangan mudik menggunakan motor karena bahaya. Gunakan angkutan mudik lain yang jauh lebih aman,” ujar Budi.

Soal kesiapan menghadapi arus mudik Lebaran, Kemenhub, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Kementerian Komunikasi dan Informatika, serta Polri menyatakan siap. Polri ditunjuk sebagai leading sector aktivitas angkutan darat dan angkutan laut dan, sementara transportasi udara tetap dipegang Kemenhub.

Untuk aktivitas mudik darat, Kemenhub telah mempersiapkan tiga jalur mudik, yakni Pantai Utara, Cipali, dan Jalur Selatan. Tidak hanya jalur-jalur utama, Kemenhub, Polri juga bekerja sama dengan TNI soal pembukaan jalur-jalur tikus.

“Panglima TNI juga ingin membantu menyelesaikan jalan tikus supaya bisa berfungsi. Kami akan rapat lagi,” ujar Budi.

Budi memastikan, Polri juga sudah mempersiapkan rekayasa lalu lintas agar tidak terjadi penumpukan volume kendaraan pada jalur tertentu.

Salah satu instansi yang menyiapkan program mudik gratis adalah PT Pelindo IV.

General Manager Pelindo IV Cabang Makassar, Aris Tunru mengatakan, program Mudik Gratis ini diperuntukan khusus bagi 1.000 orang penumpang.

“Jelang mudik lebaran nanti, PT. Pelindo IV punya program khusus yaitu Mudik Gratis bagi 1.000 orang penumpang kapal bekerjasama dengan Perum Damri,” kata Aris beberapa waktu lalu.

Editor : Awang Darmawan

Rekomendasi Berita

Baca Juga