Inovasi Perpustakaan Parepare untuk Tingkatkan Minat Baca Masyarakat

62
Kota Parepare

SULSELSATU.com, PAREPARE – Dinas Perpustakaan Kota Parepare terus melakukan inovasi dalam memaksimalkan layanan perpustakaan di tahun 2017. Hal itu dilakukan untuk meningkatkan minat baca masyarakat. Salah satunya dengan merancang perpustakaan berbasis elektronik dengan program Program ePus Peduli.

Kepala Bidang Pengolahan, Layanan dan Pelestarian Bahan Perpustakaan Dinas Perpustakaan Kota Parepare, Rasdy Gery mengatakan, sesuai hasil analisa dan pengamatan yang dilakukan, minat dan kegemaran masyarakat untuk membaca literatur masih rendah.

“Ini berdasarkan hasil pengamatan yang dilakukan melalui kunjungan perpustakaan keliling dan khusus,” ungkap Rasdy, Selasa (30/5/2017).

Ia menyebutkan, berdasarkan hasil kunjungan perpustakaan keliling serta perpustakaan khusus (sekolah, instansi dan lain-lain), minat baca dan kegemaran membaca literatur masyarakat hanya sebesar 1,2 persen di tahun 2016. Sementara di tahun 2017 ini baru mencapai 0,8 persen dari jumlah penduduk Parepare.

“Pembaca literatur ini juga didominasi pelajar (SD, SMP, SMA/SMK) serta mahasiswa. Baik itu di perpustakaan umum yang terdapat di Dinas Perpustakaan maupun perpustakaan keliling,” katanya

Olehnya itu, berdasarkan kondisi tersebut, maka Dinas Perpustakaan mencoba membuat suatu terobosan baru dengan meluncurkan program ePus Peduli. Sehingga melalui program ini, masyarakat yang ingin membaca literatur dapat mengunjungi website yang akan disediakan.

“Kami akan sediakan website untuk perpustakaan elektronik nantinya. Sehingga masyarakat tidak perlu repot-repot lagi untuk datang membaca. Apalagi jika jarak dari rumah dan kantor agak jauh dari Dinas Perpustakaan,” kata Rasdy.

Jika sistem ini sudah siap, pada saatnya nanti akan diinformasikan kembali tentang tata caranya pemakaiannya.

“Intinya, sistem ini sangat mudah untuk login,” ujarnya.

Rasdy menambahkan, inovasi ini merupakan bagian untuk mewujudkan Kota Parepare sebagai Kota Literatur menuju Parepare Smart City seperti yang dicanangkan Wali Kota Parepare, HM Taufan Pawe.

”Program ini juga merupakan perwujudan ide dan gagasan walikota untuk mewujudkan Parepare Smart City,” tandas Rasdy.

Penulis : Arsyad
Editor : Awang Darmawan

Rekomendasi Berita

Baca Juga