Makassar Jadi Contoh Layanan L2T2 Tingkat Nasional

2
Danny
Danny

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Kota Makassar menjadi daerah percontohan tingkat nasional untuk Layanan Lumpur Tinja Terjadwal. Hal ini diungkapkan Wali Kota Makassar, Mohd Ramdhan Pomanto, saat memberi sambutan pada acara Visioning Workshop Perbaikan Peningkatan Air Minum dan Sanitasi yang diadakan oleh USAID IUWASH PLUS di Jasmine Hall Grand Clarion Hotel Makassar, Rabu (31/5/2017).

Danny mengungkapkan, Kota Makassar merupakan satu-satunya daerah yang menjalankan program tersebut dari hulu ke hilir melalui UPTD dibawah naungan Dinas Pekerjaan Umum.

“Tahun pertama ada 300 kepala keluarga (KK) yang ikut program L2T2, alhamdulillah tahun ini meningkat menjadi 500 kepala keluarga,” terang Danny.

Selanjutnya, usai menandatangani komitmen bersama DPRD Kota Makassar dan USAID IUWASH PLUS, pemerintah Kota Makassar menargetkan ketersediaan air minum dan sanitasi mencapai 95 persen di tahun 2019 dan ditahun 2030 dapat mencapai 100 persen.

“Ada 21 program disektor air minum dan sanitasi yang digagas untuk mensukseskan kegiatan ini,” kata perwakilan manajemen program USAID IUWASH PLUS, Lina Damayanti.

Sekedar diketahui , diantara 21 program itu ada empat program penambahan dan peningkatan kapasitas Instalasi Pipa Air (IPA) telah dipasang di beberapa titik seperti di Ratulangi, Barombong, Antang dan Somba Opu.

Penulis : Mawar A. Pasakai
Editor : Arput Rh

Rekomendasi Berita

Baca Juga