Akademisi Akui Kharismatik IYL Bangun Komunikasi Politik

9
IYL
IYL

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Rentetan pertemuan Ichsan Yasin Limpo (IYL) dengan sejumlah figur, semakin menandakan jika tokoh peduli pendidikan dan kemanusiaan ini memang diterima banyak pihak.

Pertemuan dengan Rusdi Masse (RMS) dan Agus Arifin Nu’mang sehari setelahnya, adalah bukti komunikasi mereka tetap cair. Begitu pun saat Punggawa, sebutan untuk IYL turun ke daerah dalam menjalankan tugas kemanusiaan, kepala daerah dan berbagai tokoh antusias menyambutnya.

Untuk urusan Pilgub, lagi-lagi Ichsan mempertontonkan cara jitu menentukan pendamping. Ia seolah ingin menjaga keharmonisan dengan semua bakal calon pendampingnya, siapapun kelak yang diputuskan.

Bahkan, dari sekian kontestan yang disebut-sebut akan maju di Pilgub 2018, termasuk di pilkada di Indonesia, mungkin hanya IYL yang berani menyerahkan penentuan keputusan pendamping bakal calon yang dikerucutkan.

Pengamat Komunikasi Politik dari Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar,  Aswar Hasan mengakui, komunikasi dan penerimaan terhadap Ichsan memang sangat cair. Itu tidak terlepas dari ketokohan dan kharismatik yang dimilikinya.

“Ketokohanya IYL tidak diragukan, sangat baik menjalin silturahmi dengan sesama termasuk dalam membina komunikasi yang positif dalam berdemokrasi,” puji Aswar yang juga mantan ketua Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Sulsel, kepada wartawan, Rabu (31/5/2017).

Selain itu, pertemuan Ichsan dengan RMS dinilai mengandung pesan tersendiri menjelang tahapan Pilgub Sulsel dimulai. Paling tampak adalah bahwa kedua figur berpengaruh tersebut memiliki kedekatan emosional yang tidak bisa dipisahkan.

“Secara pribadi saya lihat RMS dan keluarga Yasin Limpo sangat dekat, dan ini bukan saja RMS namun banyak pihak yang sangat dekat dengan keluarga Yasin Limpo,” kata Aswar.

Sementara Pengamat Politik UIN Alauddin Makassar, Firdaus Muhammad berpandangan, pertemuan Ichsan dengan sejumlah tokoh, termasuk keduanya lebih diindikasikan sebagai pertemuan keluarga, juga politik.

“Sejauh ini, RMS (selalu dikaitkan) tegaskan kalau maju harus 01, tetapi bisa berubah pasca pertemuan dengan Ichsan,” tutupnya.

Penulis : Asrul
Editor : Arput Rh

Rekomendasi Berita

Baca Juga