Ramadan, Momentum Memperbanyak Ibadah

11
Bulan Ramadan 2017

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Ramadan merupakan bulan suci dimana seluruh pahala amal ibadah dilipatgandakan Allah SWT. Tak salah jika bulan Ramadan ini dijadikan sebagai momentum untuk memperbanyak ibadah, mempererat silaturahmi, dan meningkatkan amalan baik.

Ramadan juga bulan yang tepat untuk berdoa karena Allah lebih dekat dengan manusia.

“Ketika Ramadan dimulai, gerbang surga terbuka,” kata imam yang memimpin shalat di Masjid Besar Sheikh Zayed, Dubai, dilansir dari The National, Rabu (31/5/2017).

Manusia perlu menahan diri dari segala hal yang membatalkan puasa, mulai dari terbit fajar sampai terbenam matahari. Mereka juga perlu berniat saat akan berpuasa. Puasa juga harus dilakukan dengan cara ramah dan baik. Orang-orang perlu menjaga hawa dan nafsunya.

Rasulullah SAW bersabda, “Jika salah seorang dari kalian sedang berpuasa, maka janganlah berkata-kata kotor, dan jangan pula bertindak bodoh. Jika ada seseorang yang mencelanya atau mengganggunya, hendaklah mengucapkan: sesungguhnya aku sedang berpuasa.” (HR Bukhari No. 1904 dan Muslim No. 1151)

Menjaga perdamaian, tetap rendah hati, dan menghindari sikap saling menyakiti satu sama lain sangat penting dilakukan saat berpuasa. Ini karena hari-hari puasa tidak sama seperti hari-hari biasa.

Ramadan juga bulan pengampunan. Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa berpuasa Ramadan atas dasar iman dan mengharap pahala dari Allah, maka dosanya yang telah lalu akan diampuni.” (HR Bukhari No. 38 dan Muslim No. 760).

Muslim yang sedang berpuasa dianjurkan untuk banyak melakukan ibadah. Diantaranya, membaca Alquran, melaksanakan salat tarawih, bersedekah, memperbanyak dzikir, dan zakat di akhir Ramadan.

Editor : Awang Darmawan

Rekomendasi Berita

Berita Terkini

Parepare Telah Siap Operasi Otak Sistem Canggih

SULSELSATU.com, PAREPARE - Pemerintah Kota (Pemkot) Parepare terus berbenah...

Peserta PBI BPJS di Parepare Terancam Dinonaktifkan

SULSELSATU.com, PAREPARE - Pemerintah Kota (Pemkot) Parepare melalui Dinas...

Canangkan Zona Integritas, Kejari Parepare Komitmen WBK dan WBBM

SULSELSATU.com, PAREPARE - Kejaksaan Negeri (Kejari) Parepare telah mencanangkan...

Baca Juga