Ini Makna Bangunan Masjid Miniatur Ka’bah di Makasssar

41
Masjid Al-Fatih Al Anshar, Ka'bah, Bulan Ramadan 2017

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Masjid Al Fatih Al Anshar kini tengah menjadi perbincangan warga masyarakat. Bentuknya yang beda dari masjid pada umumnya membuat orang-orang penasaran ingin melihat langsung masjid yang berbentuk miniatur Ka’bah tersebut.

Bangunan yang berdiri di atas lahan berukuran 20×20 meter persegi dan dimenangkan dari proses lelang perbankan ini kemudian disulap oleh salah seorang konsultan keuangan dan pajak Mustamin Anshar menjadi sebuah masjid. Ia mempercayakan putra bungsunya Muhammad Akbar Wisudawan untuk mendesain masjid tersebut.

Imam Masjid Al Fatih Al Anshar, ustad Harun Kahar mengungkapkan, seluruh interior dari bangunan masjid mempunyai makna tersendiri. Adapun konsep keseluruhan dari masjid Al Fatih Al Anshar ini adalah alam semesta dan ruang angkasa.

“Konsepnya ini alam semesta dan ruang angkasa. Di dalam itu ada lingkaran berbentuk batu besar yang bertuliskan lafaz Allah. Itu menggambarkan bumi yang kita tempati ini,” terangnya.

Pintu yang ada di masjid tersebut berjumlah 17 buah yang melambangkan jumlah keseluruhan rakaat dalam shalat. Bentuk lonjong pada bagian depan mimbar dimaknai sebagai Malebu Tello yang artinya kita harus memiliki tekad yang kuat dalam menyembah Allah SWT.

Pun pilar yang digunakan pada masjid ini yang berjumlah 9 bermakna bulan Ramadan, bulan kesembilan dalam penanggalan Hijriyah.

“Semuanya mempunyai makna. Seperti di lantai dua masjid, salah satu sudutnya ada relief pohon besar dengan daun yang lebat. Setiap daunnya ada tertulis Asmaul Husna. Relief pohon tersebut dimaknai sebagai kebaikan yang terus menjalar, ” pungkasnya.

Penulis : Mawar A. Pasakai
Editor : Awang Darmawan

Rekomendasi Berita

Baca Juga