Agar Rumah Aman dari Kebakaran Saat Ramadan

8
Kebakaran, Kebakaran Kandea 3, Kandea 3, Makassar, Sulsel, Media di Sulsel, Sulselsatu, Terkini dan Terbaru tentang Sulsel

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Sebanyak tiga kasus kebakaran terjadi di Makassar dalam kurun waktu tiga hari terakhir selama bulan Ramadan. Hal ini seakan menunjukkan jika potensi kebakaran cukup besar seiring meningkatnya aktivitas masyarakat selama bulan puasa.

Terlebih, Makassar saat ini tengah memasuki musim kemarau. Untuk itu, Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kota Makassar, Imran Samad mengimbau masyarakat agar lebih waspada saat menggunakan listrik dan kompor gas selama Ramadan.

Ia juga mengingatkan bahwa bahaya kebakaran selalu mengintai sewaktu-waktu tanpa mengenal tempat.

“Tetap waspada karena bahaya kebakaran ada pada kehidupan keseharian kita,” katanya, kepada Sulselsatu.com, Kamis (1/6/2017).

Agar rumah aman dari kebakaran, Imran membagikan tipsnya kepada Anda. Dengan harapan, hal ini dapat mencegah terjadinya kebakaran yang bisa mengakibatkan kerugian materil maupun jatuhnya korban jiwa.

“Jauhkan sumber api dari jangkauan anak-anak. Jangan meninggalkan kompor jika sedang memasak. Jangan membakar sampah dekat dari sumber yang mudah terbakar, dan waspadai pemakaian obat nyamuk bakar,” jelasnya.

Masyarakat juga harus berhati-hati dalam penggunaan listrik. Pasalnya penggunaan kabel listrik yang sembarangan bisa menjadi pemicu awal terjadinya kebakaran.

“Cabut aliran listrik yang menghubungkan dispenser ketika galonnya sudah kosong. Rapikan instalasi listrik di rumah Anda dan jangan memakai listrik secara berlebihan,” ujarnya.

“Waspadai penggunaan kembang api. Matikan semua aliran listrik di rumah Anda bila ingin mudik atau bepergian jauh,” tambah Imran.

Penulis : Mawar A. Pasakai
Editor : Awang Darmawan

Rekomendasi Berita

Baca Juga