Dimulai Hari Ini, Pembangunan Masjid 99 Kubah Bakal Habiskan Rp 169 Miliar

39
Masjid 99 Kubah, Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo, Center Point of Indonesia
(Ist)

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Pemasangan tiang pancang pertama Masjid 99 Kubah di sekitar kawasan Center Point of Indonesia (CPI) digelar hari ini, Kamis (1/5/2017), di Jalan Metro Tanjung Bunga. Pemancangan tiang ini menandakan dimulainya pembangunan masjid tersebut.

Kepala Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air Cipta Karya dan Tata Ruang (Kadis PSDA CKTR), Andi Darmawan Bintang mengatakan, Masjid 99 Kubah ini nantinya merupakan masjid termegah di Sulawesi. Masjid ini juga akan menjadi salah satu masjid terunik di Indonesia.

“Masjid 99 Kubah Ini adalah ikon baru Sulawesi Selatan yang ada di kota Makassar. Dengan konsep water front, mesjid ini akan dibangun dengan 99 kubah dilengkapi interior dan eksterior yang menginterpretasikan tiap-tiap nama Asmaul Husna,” Darmawan.

Masjid ini, lanjut Darmawan, dibangun di atas tanah seluas 72 x 45 meter persegi. Untuk tahap pertama, menyerap anggaran APBD sebesar Rp 57 miliar dengan dana supervisi sebesar Rp 1,6 miliar dari total anggaran yang dibutuhkan sebesar Rp 169 miliar.

Selain dari APBD Sulsel, anggaran yang dipakai juga berasal dari APBD Kota Makassar dibantu dengan donasi dari pihak swasta dan swadaya masyarakat.

Diketahui, Masjid 99 Kubah yang akan dibangun nantinya mampu menampung jemaah hingga 13.075 orang. Dengan rincian, untuk ruang salat 3.880 jemaah, mezzanine 1.005 jemaah, dan untuk pelataran suci menampung sebesar 8.190 jemaah.

Penulis : Habib Rahdar
Editor : Awang Darmawan

Rekomendasi Berita

Baca Juga