Masjid Menyerupai Ka’bah Ini Jadi Alternatif Destinasi Wisata Religi di Makassar

31
Masjid Al-Fatih Al Anshar, Ka'bah, Bulan Ramadan 2017

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Ada lagi tempat wisata religi di Kota Makassar selain masjid Al Markaz Al-Islami dan masjid Raya. Adalah Masjid Alfatih Al Anshar, masjid yang bangunannya menyerupai Ka’bah saat ini banyak dikunjungi baik warga Makassar maupun masyarakat yang bermukim di luar kota Makassar.

Masjid Alfatih Al Anshar dibangun oleh Mustamin Anshar, salah seorang warga Makassar yang berprofesi sebagai Konsultan Keuangan dan Pajak. Kecintaannya pada Ka’bah menjadi motivasi dirinya mendirikan masjid miniatur Ka’bah di Makassar.

Masjid ini tidak seperti masjid pada umumnya di Indonesia. Masjid yang terletak di Jalan Paccinang Raya, Kelurahan Tello Kecamatan Panakukkang ini memiliki salah satu sudut yang dibentuk menyerupai bangunan suci, Ka’bah.

Bangunan Ka’bahnya sendiri melekat di sisi timur masjid dengan lebar 7 meter, tinggi 12 meter lengkap dengan duplikasi batu Hajar Aswad di sudutnya

Imam Masjid Alfatih Al Anshar, ustad Harun Kahar mengatakan, selain digunakan sebagai tempat ibadah, masjid ini pun telah menjadi tempat tujuan wisata religi oleh masyarakat.

“Tempat ini sudah jadi tujuan wisata religi juga, sudah banyak orang dari berbagai daerah yang berkunjung ke sini. Seperti Kalimantan, Ambon, Kendari, Palu bahkan Papua pernah berkunjung kemari. Daerah-daerah lain yang ada di Sulsel juga sering berkunjung di tempat ini,” terangnya kepada Sulselsatu.com, Kamis (1/6/2017)

Harun mengungkapkan bahwa masjid miniatur Ka’bah ini didesain sendiri oleh putra bungsu dari Mustamin Anshar yaitu Muhammad Akbar Wisudawan.

“Beliau percayakan putranya sendiri untuk mendesain masjid ini. Dan kurang dari setahun masjid Alfatih Al Anshar ini sudah berdiri kokoh,” tandasnya.

Penulis : Mawar A. Pasakai
Editor : Awang Darmawan

Rekomendasi Berita

video

Baca Juga