Sempat Bebas, Legislator Makassar Ini Divonis 5 Tahun Penjara di Tingkat Kasasi

12
Mustagfir Sabry, Moses, Kasus Dana Bansos

SULSELSATU.com, JAKARTA – Setelah sempat menghirup udara bebas, anggota DPRD Kota Makassar Mustagfir Sabry divonis hukuman 5 tahun penjara di tingkat kasasi.

Moses sendiri sebelumnya sempat divonis bebas oleh Pengadilan Tipikor Makassar. Moses terjerat kasus korupsi Dana Bansos Pemprov Sulsel pada APBD 2008 sebesar Rp 151 miliar. Bansos itu ditujukan kepada berbagai kegiatan yang dinilai perlu.

Salah satu pihak yang mengajukan proposal adalah Mustagfir, atas petunjuk anggota DPRD Provinsi Sulsel, Adil Patu. Dari proposal itu mengucur uang Rp 530 juta untuk kegiatan olah raga dan sosial kemasyarakatan.

Ternyata dana itu tidak jelas pertanggung jawabannya. Atas hal itu, penyidik menelusuri kasus tersebut.

Pada 29 Juli 2015, jaksa menuntut Mustagfir selama 3 tahun penjara. Tapi pada 12 Agustus 2015, Pengadilan Tipikor Makassar menolak tuntutan itu dan membebaskan Musgafir dari seluruh jerat hukum. Mustagfir pun dikeluarkan dari tahanan.

Atas hal itu, jaksa tak terima dan mengajukan kasasi. Gayung bersambut. MA mengabulkan tuntutan itu.

“Menjatuhkan pidana terhadap terdakwa dengan pidana penjara selama 5 tahun,” ujar majelis kasasi sebagaimana dilansir website MA, Jumat (2/6/2017).

Selain itu, pria kelahiran 15 September 1975 itu dihukum denda Rp 200 juta subsidair 6 bulan kurungan. Tidak hanya itu, Mustagfir juga wajib mengembalikan uang yang dikorupsinya sebesar Rp 230 juta.

“Apabila tidak membayar uang pengganti dalam waktu 1 bulan sejak putusan pengadilan berkekuatan hukum tetap maka harta bendanya disita dan dilelang. Dalam hal tidak mempunyai harta yang mencukupi, maka diganti dengan pidana 1 tahun penjara,” ucap majelis yang terdiri dari Salman Luthan, Syamsul Rakan Chaniago dan MS Lumme pada 16 Juni 2016.

Editor : Awang Darmawan
Foto : Tempo.co

Rekomendasi Berita

Baca Juga