Amalan Yang Bisa Dilakukan Selama Ramadan

11

SULSELSATU.com – Puasa Ramadan merupakan salah satu rukun Islam. Di bulan Ramadan ini umat muslim beradaptasi dengan pola hidup yang baru untuk satu bulan ke depan selain itu, momen Ramadan pun selalu menjadi saat yang berharga bagi umat muslim untuk berlomba-lomba mencari kebaikan.

Semua kebaikan, berkah, dan anugerah ini diberikan untuk kaum muslimin dengan datangnya bulan yang penuh berkah ini.

Oleh karena itu, hendaklah kaum muslimin menyambut bulan ini dengan kegembiraan dan keceriaan, memuji Allah yang telah mempertemukannya (dengan bulan Ramadan), dan meminta pertolongan kepada-Nya untuk dapat berpuasa dan mengerjakan berbagai amal shalih di bulan Ramadan, berikut hal-hal yang dapat anda lakukan di bulan suci seperti di lansir dari sindonews.com

1. Manfaatkan suasana Ramadan
Cobalah untuk menggunakan semangat spiritual ini untuk memperbaiki diri sehingga lebih bermanfaat baik bagi kehidupan anda maupun lingkungan. Jika anda menanamkan spirit Ramadan dalam pikiran Anda sepanjang waktu, Anda pasti akan mulai membuang hal-hal buruk dan negatif dalam hidup anda.

2. Cobalah untuk mempelajari lebih dalam tentang Ramadan
Baca dan berdiskusi lah lebih dalam mengenai Ramadan kepada orang-orang bijak dan yang memiliki pengetahuan lebih secara spiritual tentang makna Ramadan. Setelah mendapatkan pengetahuan baru, terapkanlah dalam hidup anda. Dengan cara ini, secara perlahan anda akan membuat perubahan positif dalam hidup anda.

3. Buatlah rencana saat Ramadan
Rencana yang dimaksud adalah dari segi spiritual anda. Cobalah membaca ayat Alquran secara bertahap atau anda dapat pula menyumbangkan suatu hal kecil setiap harinya. Ingatlah bahwa rencana besar yang mengharuskan anda mengubah gaya hidup anda sepenuhnya tidak mungkin dilakukan. Meskipun kecil, terapkan dan lakukan hal tersebut terus menerus hingga anda terbiasa.

4. Sadar secara mental
Anda harus mempersiapkan diri secara mental dan manfaatkan momen Ramadan sebagai momen perubahan. Jika anda berencana untuk makan sehat mulai dari Ramadan ini, hati-hati dengan pikiran lain yang mengganggu seperti tiba-tiba anda ingin menyantap makanan cepat saji atau makanan lain yang tidak sesuai dengan rencana anda.

Jadikan ibadah sebagai motto utama. Ibadah harus menjadi tujuan utama hidup anda. Sisa hidup anda harus dipenuhi dengan rasa syukur dan doa. Lakukan pekerjaan anda juga karena niat ibadah. Bila ini menjadi pola pikir, kebiasaan buruk anda akan hilang perlahan.

Editor : Awang Darmawan

Rekomendasi Berita

Berita Terkini

Buka Musrenbang RKPD, Suard Saleh Minta Anak Buahnya Buat Perencanaan Matang

SULSELSATU.com, BARRU - Bupati Barru Suardi Saleh membuka Musrenbang...

Suardi Saleh Buka Bimbingan Sosial Bagi Lansia di Dinsos Barru

SULSELSATU.com, BARRU - Bupati Barru Suardi Saleh menghadiri bimbingan...

Serahkan LKPD ke BPK, Taufan Apresiasi Kinerja OPD

SULSELSATU.com, PAREPARE - Wali Kota Parepare, HM Taufan Pawe...

Baca Juga