Tiga Cara Ampuh Atasi Bau Mulut Saat Puasa

8
Bau Mulut, Bulan Ramadan 2017

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Salah satu masalah yang dihadapi saat berpuasa di bulan Ramadan adalah bau mulut. Tak mengkonsumsi makanan dan minuman selama kurang lebih 14 jam menyebabkan terjadinya bau mulut atau yang kerap dikenal dengan istilah halitosis.

Jika bau mulut muncul tiba-tiba, Anda pun mungkin jadi panik atau tidak percaya diri. Untuk mengatasi itu, sebaiknya Anda mencoba melakukan tips ampuh di bawah ini agar bau mulut saat puasa tidak mengganggu aktivitas Anda. Berikut penjelasannya seperti dikutip dari Uzone.id;

1. Berkumur dengan mouthwash
Banyaknya bakteri di mulut dapat menimbulkan bau mulut. Anda dapat menghilangkan bakteri ini dengan berkumur menggunakan mouthwash. Sebaiknya gunakan mouthwash tanpa alkohol dan pastikan bahwa mouthwash yang Anda gunakan dapat membunuh bakteri di mulut. Berkumur secara rutin untuk menghilangkan bau.

2. Sikat gigi
Setelah sahur, jangan lupa sikat gigi Anda dengan menyeluruh. Pastikan Anda menjangkau seluruh bagian dalam mulut, termasuk sela-sela gigi. Hal ini baik untuk mencegah sisa makanan tersangkut di mulut dan jadi tempat bakteri berkembang biak.

Sikat gigi di siang atau sore hari juga bisa jadi cara menghilangkan bau mulut saat puasa kalau benar-benar diperlukan. Namun, beberapa orang merasa kurang nyaman kalau harus sikat gigi dengan pasta gigi saat puasa. Maka cukup basahi sikat gigi dengan air saja, tak perlu pakai pasta gigi.

3. Bersihkan lidah
Lidah Anda juga bisa jadi sarang bakteri sehingga muncul bau mulut. Bila Anda merasa napas jadi tak sedap, Anda bisa membersihkan lidah dengan alat khusus pembersih lidah yang sekarang sudah banyak dijual di toko.

Anda tidak perlu pakai pasta gigi atau air untuk membersihkan lidah. Akan tetapi, pastikan alat pembersih lidah Anda selalu dalam keadaan bersih.

Selain dapat diatasi, Anda juga sebenarnya bisa mencegah bau mulut saat puasa. Caranya, Anda perlu melakukan langkah-langkah pencegahan bau mulut seperti di bawah ini;

  1. Hindari makanan yang aromanya menyengat ketika sahur, misalnya jengkol atau bawang bombai.
  2. Hindari makanan dan minuman yang mengandung kadar gula tinggi saat sahur dan buka puasa. Bakteri penyebab bau mulut akan berkembang biak kian pesat bila dalam mulut Anda banyak sisa gula.
  3. Cegah mulut jadi kering dengan banyak minum air ketika sahur dan buka puasa. Semakin kering mulut Anda, semakin tinggi juga kemungkinan munculnya bau mulut.
  4. Sebelum tidur, kumur-kumur dengan air garam. Larutkan satu sendok teh garam dalam segelas air hangat. Kemudian kumur selama tiga puluh detik dan buang, jangan ditelan. Air garam bekerja seperti antiseptik yang akan mengusir bakteri penyebab bau mulut.
  5. Hisap dan kunyah jeruk atau lemon saat sahur dan buka puasa. Keduanya mampu meningkatkan produksi air liur sehingga mulut pun tak akan jadi kering dan bau.

Editor : Awang Darmawan

Rekomendasi Berita

Baca Juga