Pelataran Masjid Almarkas Antara Bazar dan Pasar

19
Pelataran Masjid Almarkas Antara Bazar dan Pasar
Pelataran Masjid Almarkas Antara Bazar dan Pasar

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Masjid Al Markas merupakan salah satu masjid terbesar di kota Makassar, selain ukuran masjid yang besar juga memiliki halaman yang sangat luas. Halaman masjid Al Markas menjadi tempat masyarakat beraktifitas mulai dari berolahraga, bermain, sekedar jalan-jalan, ngumpul dan berdiskusi. Namun saat bulan Ramadan, halaman masjid Al Markaz di J alanMasjid Raya ini banyak diisi pedagang.

Berbagai macam pedagang menjual barang-barang. Mereka disediakan booth oleh pengelola masjid untuk berjualan, mulai dari pakaian, perhiasan, sepatu, sandal, jajanan buka puasa, hingga mainan anak-anak. Selain itu, juga terdapat emperan pedagang yang menjual makanan ringan. Penampakan Ini membuat wajah masjid nampak seperti pasar.

Menurut Amri tak kurang dari 500 jumlah booth meramaikan Festival Ramadan. Ratusan booth itu masing-masing berukuran kurang lebih 2×2 meter. “Kalau tidak salah itu, satu blok ada 22 los. Nah blok di sini mulai dari blok A sampai blok Z. Jadi hitungmi itu,” ucap penjual sandal dan sepatu tersebut.

Lebih lanjut dia menjelaskan bahwa harga sewa per-booth dibanderol 3 Juta selama sebulan. “Kita buka los disini mulai sore sampai malam. Terakhir menjual kalau malam takbiran. Karena besoknya mau di pakai sholat Idul Fitri,” tuturnya.

Selain booth, terdapat juga emperan yang berserakan di sekitar booth. Mereka masing-masing berjualan cemilan, manisan serta juice. Harga sewa tempat bagi penjual emperan bervariatif.

“Kalau saya Rp.1,2 Juta satu bulan dek. Beda lagi itu kalau yang jual batu dan cincin. Haganya tergantung luas emperan dan apa yang na jual,” ungkap Maryam salah satu penjual yang menggelar emperan saat dikunjungi oleh Sulselsatu.com.

Hingga ini, Mustafa selaku koordinator lapangan belum bisa dimintai keterangan lebih lanjut mengenai Bazar Ramadhan di Masjid Al Markaz. Begitupun dengan penanggung jawab kegiatan, Agus Salim selaku ketua panitia bazar Ramadan.

Foto: Int
Penulis: Uje Jaelani
Editor: Kink Kr

Rekomendasi Berita

Baca Juga