Masuk Kemarau, BMKG Himbau Waspada Kebakaran

4
Prakiraan Cuaca
Prakiraan Cuaca

SULSELSATU.com, MAROS – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Maros memprediksi musim kemarau terjadi awal Juni. Kepala Station Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Maros, Abdul Mutholib saat dikonfirmasi mengatakan awal musim kemarau terjadi pada dasarian pertama atau awal Juni.

Dia menjekaskan pada wilayah Maros daerah pesisir sudah memasuki kemarau di awal Juni dengan intensitas hujan mulai berkurang atau hujan akan berlangsung normal. Meski demikian untuk daerah dataran tinggi seperti Camba dan sekitarnya, prediksi musim kemarau nanti terjadi pada bulan Juli.

Diakui Mutholib meski sudah memasuki kemarau, namunĀ  tetap akan ada hujan dengan sifatnya rendah. Dia juga mengurai masuknya musim kemarau, ditandai dengan hari hujan yang mulai berkurang, kelembaban udara semakin menurun. “Terjadi penurunannya kisaran 50 sampai 80 persen,” katanya.

Dia juga menghimbau agar masyarakat perlu meningkatkan kewaspadaan. Terlebih jika kemarau terjadi hingga Oktober berdasarkan prediksi BMKG.

“Kalau kemarau berlangsung hingga Oktober mendatang, perlu waspada karena udara juga kering sehingga gampang terjadi kebakaran. Makanya harus berhati-hati. Selain itu kita juga imbau untuk menghemat penggunaan air dari sekarang,” ujarnya.

Foto: Int
Penulis: Indra
Editor: Kink Kr

Rekomendasi Berita

Baca Juga