Hakim Nawawi Singgung Patrialis Akbar yang tak Akui Suap

20

SULSELSATU.COM, JAKARTA – Eks hakim konstitusi Patrialis Akbar kini duduk di kursi terdakwa, dalam sidang di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta, Senin (3/7). Bekas Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia itu diduga menerima suap terkait putusan uji materi Undang-Undang Peternakan dan Kesehatan Hewan di Mahkamah Konstitusi yang mengatur batasan kuota impor daging.

Uang itu diduga berasal dari Basuki Hariman, pengusaha daging impor yang bersama-sama Ng Fenny, sekretarisnya, juga ditetapkan sebagai terdakwa. Uang itu diserahkan melalui Kamaludin, orang dekat Patrialis.

Namun di persidangan itu, Patrialis membantah menerima uang.
Ketua majelis hakim pada persidangan itu, Nawawi Pamulango, mengingatkan Patrialis untuk berkata jujur. Nawawi tidak segan kendati Patrialis pernah menjadi hakim konsitusi, profesi yang mulia.

“Tapi saya hargai anda yang pernah menjadi hakim. Tapi apa tidak ada rasa dalam diri anda bahwa datangnya Basuki dan selalu membicarakan judicial review itu menunjukkan keterkaitan dengan perkara? Harusnya anda menyadari itu, anda kan hakim,” ujar Nawawi di akhir persidangan, kepada Patrialis.

Nawawi melanjutkan, “Hakim itu biasanya nalurinya timbul. Tadi anda bilang enggak mau ngomongin duit, justru saya paling senang kalau orang ngomongin duit, iya enggak? Ngomongin duit dengan saya, sejauh konteksnya yang lain ya,” kata Nawawi.

Nawawi mengingatkan Patrialis untuk memberikan keterangan dengan benar di persidangan. Hal itu, kata Nawawi, agar perkara yang sedang dia jalankan saat ini dapat segera diselesaikan.

“Kalau kita enggak jujur, bakal complicated. Kuncinya cuma kejujuran. Saya masih berharap ke anda di sidang ini,” ujar Nawawi.

Mendengar sindiran Nawawi, Patrialis diam saja.

Uploader : Agung

Rekomendasi Berita

Berita Terkini

RSUD Parepare Siap Sinergi BPJS Kesehatan

SULSELSATU.com, PAREPARE - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Andi...

Taufan Harap Partisipasi Suara di Parepare Capai 85 Persen

SULSELSATU.com, PAREPARE - Wali Kota Parepare, HM Taufan Pawe...

Eks Pimpinan KPK: Pemilu 2019 Terburuk Pasca Reformasi

SULSELSATU.com, JAKARTA - Mantan Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK),...

Baca Juga