Ekonomi Tinggi, Kemiskinan Turun, Pengamat: Gini Ratio Sidrap Pasti Rendah

6
Bupati Sidrap, Rusdi Masse.
Bupati Sidrap, Rusdi Masse.

SULSELSATU.com, SIDRAP – Pertumbuhan ekonomi Kabupaten Sidrap di bawah kepemimpinan Bupati Rusdi Masse (RMS) menempati rangking teratas di Sulsel yakni 9,3 persen. Prestasi itu dibarengi dengan penurunan angka kemiskinan dan terendah dibanding seluruh kabupaten di Sulsel.

Hal tersebut diprediksi membuat Sidrap memiliki gini ratio yang rendah pula.

Pertumbuhan ekonomi naik drastis, yang dibarengi dengan tingkat kemiskinan yang menurun menjadi salah satu baromoter atau indikasi bahwa gini ratio atau ketimpangan ekonomi di tengah masyarakat Sidrap juga rendah.

Artinya, pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat itu merata. Pertumbuhan ekonomi bukan saja dimiliki oleh masyarakat tertentu atau yang kaya raya.

“Tapi ini indikasi kalau ada pemerataan kesejahteraan di tengah masyarakat Sidrap. Tidak ada jurang ketimpangan ekonomi,” ujar pengamat ekonomi Prof Natsir Hamzah, Rabu (5/7/2017).

Menurut pakar ekonomi dari Universitas Muslim Indonesia (UMI) ini, Bupati Sidrap mampu menyeimbangkan pertumbuhan ekonomi dengan menekan angka kemiskinan sekaligus. Hal ini adalah yang terberat bagi kepala daerah.

“Susah itu menekan angka kemiskinan dan mendorong pertumbuhan sekaligus. Gini ratio itu jadi momok menakutkan, tapi Sidrap mampu melakukan itu,” ujar Prof Natsir.

Sementara itu, Kepala BPS Sidrap Misbahuddin mengatakan, pertumbuhan ekonomi Sidrap memang tinggi dan tertinggi di Sulsel. Hal ini ditopang dengan penurunan angka kemiskinan di Sidrap yang hanya 5,4 persen.

“Meski tidak ada survei yang BPS lakukan untuk mencari gini ratio skop kabupaten. Tapi memang kecenderungan asumsi kita bahwa ketimpangan ekonomi Sidrap tidak ada. Merata,” ujar Misbahuddin.

Editor : Awang Darmawan

Video Pilihan