iklan Kareba Parlementa

7 Jurus Menghadapi Orang yang Benci Sama Kita

Iklan Humas SulSel

3. Tingkatkan rasa percaya diri yang kamu punya

Banyak orang yang merasa begitu terpukul ketika mengetahui ada orang yang membencinya. Tidak sedikit juga orang yang langsung down saat mengetahui dan mendengar bahwa ada desas-desus fitnah yang disebarkan oleh haters Hal tersebut tentu saja sangat merugikan kita.

Untuk menghadapi itu, kita harus meningkatkan percaya diri. Jika kita memang tidak melakukan hal-hal yang salah, ada baiknya kita melakukan klarifikasi.

Selain itu, dengan tetap menunjukkan rasa percaya diri yang tinggi adalah cara lain menghadapi haters.

Kamu bisa tertawa atau tersenyum pada saat mendengarkan hinaan yang tidak sesuai dengan kenyataan, kamu bisa tetap berpikir positif, kamu bisa tetap tidak menanggapi apapun yang dilakukan oleh membencimu, atau jadilah lebih baik jika membencimu adalah orang yang iri dengan keberhasilanmu. Dengan cara itu, para haters akan kewalahan sendiri dan merasa malu karena telah menyebarkan kata-kata yang tidak sesuai dengan kenyataan.

Tidak perlu khawatir ketika menghadapi orang yang iri terhadap kita. Walaupun mereka rajin menebar fitnah, namun biasanya orang lain akan mengetahui apa sebenarnya yang terjadi.

4. Hindari orang yang membenci kita

Jika orang yang membenci kita adalah tetangga, teman di kampus, apa mungkin teman sekelas, tidak perlu khawatir. Kita bisa menghindarinya dengan cara-cara yang tampak normal. Namun jika tidak memungkinkan, kita tetap bisa menghindarinya dengan berbagai strategi dan akal-akalan.

Misalnya, saat di rumah, agar tidak sering bertemu dengan tetangga yang membenci kita, kita bisa keluar rumah pada jam yang berbeda dengan tetangga. Atau di kelas, kita bisa memilih tempat duduk yang sedikit jauh dari tempat duduk yang membenci kita. Jika ia adalah teman bekerja, mengambil tempat beristirahat atau tempat makan yang berbeda pada saat beristirahat adalah cara lain untuk menghindarinya.

5. Hadapi pembenci dan ajaklah ia berbicara untuk menyelesaikan masalah

Kadangkala, seorang hater membenci kita karena mereka salah paham, atau tidak mengetahui siapa diri kita yang sebenarnya.

Agar mereka bisa mengetahui siapa sebenarnya kita, bagaimana sifat asli yang kita miliki, dan untuk mengetahui sumber masalah yang menjadi akar penyebab kesalahpahaman, biasanya bisa diluruskan dengan berbicara empat mata. Cara ini seringkali berhasil dan menjadi solusi tepat untuk menghadapi para pembenci.

Berbicaralah secara terbuka dan mintalah pendapatnya apa yang menyebabkan dia membencimu. Dengan begitu, kamu akan mengetahui lebih jelas akar permasalahannya.

Jika penyebabnya adalah karena kesalahan yang kamu lakukan, maka jangan ragu-ragu untuk meminta maaf. Namun jika hal tersebut ternyata bukanlah salahmu, maka kamu harus memberikan klarifikasi dan penjelasan agar para pembenci mengerti yang sebenarnya.

6. Jangan gegabah dan mudah emosi

Saat kita mengetahui orang lain membenci kita, tidak menyukai kita, atau menebar fitnah, sangat mudah bagi kita tersulut emosi yang ujung-ujungnya dapat menyebabkan kita lepas kendali dan melakukan hal-hal yang gerabah.

Sebisa mungkin, kendalikan emosi, respon dengan cepat emosi yang ada pada diri kita dengan cara positif, segera selesaikan masalah, hadapi orang yang membenci kita, dan sebisa mungkin jangan pernah lari dari masalah.

Jika orang yang membenci kita langsung memberikan olok-olokan di depan kita atau di depan orang ramai, redam emosimu dan katakanlah yang sebenarnya.

Jika terasa sulit, segeralah menghindar. Menghindar bukan berarti mengakui bahwa kita kalah, tapi menghindar untuk menenangkan diri dan untuk mencari waktu yang tepat untuk berbicara dengan orang yang membenci kita nanti.

Sebisa mungkin, hindarilah berbagai bentuk kekerasan fisik. Karena balasan di dunia maupun di Akhirat sangat tegas pada orang-orang yang melakukan serangan verbal maupun fisik yang merugikan orang lain.

7. Cerdas dalam bertindak

Kadangkala kita tidak hanya menghadapi haters yang menebar kebencian di dunia nyata melainkan juga di dunia maya.

Beberapa tips untuk menghadapi orang yang membenci kita di dunia maya antara lain: kamu bisa memblokir orang yang membencimu, atau kamu juga bisa melaporkan kepada pihak yang berwajib mengenai ancaman, trolling, atau berbagai bentuk kata-kata yang merugikan kita.

Dengan begitu, kita tidak perlu repot menghadapinya karena sudah ada hukum yang bisa menjerat orang yang menebar kebencian, menjatuhkan, merusak nama baik, atau memfitnah kita. Jangan lupa untuk menyimpan berbagai screenshot yang berkaitan dengan setiap kata-kata yang buruk yang disampaikan oleh pembenci untuk dijadikan sebagai bukti.

Uploader: Akbar nur Qadri

Iklan PDAM
...

Populer

VIDEO: Habis Nonton Film Porno, Seorang Ayah di Medan Tega Setubuhi Anak Kandung

SULSELSATU.com - Seorang pria di Kabupaten Labuhanbatu Utara, Sumatra Utara tega setubuhi anak kandungnya. Dalam video terlihat pelaku berada di kantor polisi untuk dimintai keterangan. Pelaku...

Gempa di Sulbar, Wali Kota Parepare Intruksikan Jajarannya Salurkan Bantuan

SULSELSATU.com, PAREPARE - Wali Kota Parepare, HM Taufan Pawe, prihatin atas gempa berkekuatan 6,2sr yang terjadi di Sulawesi Barat. Dimana mengakibatkan berbagai fasilitas pemerintahan...

OPINI: Tantangan Pendidikan di Tengah Pandemi Covid-19

Oleh Triliana s. Utina (Mahasiswa Universitas Gorontalo) Pandemi Covid-19 memaksa masyarakat dunia mendefinisikan makna hidup, penyebaran virus corona (Covid-19) yang semakin hari semakin meningkat menjadi...

7 Jurus Menghadapi Orang yang Benci Sama Kita

SULSELSATU.com, Setiap orang yang membenci kita memiliki alasannya masing-masing. Bisa jadi karena kita terlalu berlebihan, kita memiliki sikap dan sifat yang tidak disukai oleh...

VIDEO: Kepanikan Warga Saat Gempa 6,2 Magnitudo di Majene Sulbar

  SULSELSATU.com - Gempa bumi di Majene, Sulawesi Barat membuat kepanikan dan kerusakan di Wilayah Sulawesi Barat (Sulbar) , Jumat (15/1/2021) pukul 01.28 WITA. Sejumlah rumah...

Kabar Buruk! Pemkot Makassar Bakal Rumahkan Tenaga Honorer

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Sebanyak 200 pegawai Pemerintah Kota Makassar yang berstatus tenaga kontrak atau honorer disejumlah Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) akan di rumahkan. Hal...

Artikel Lainnya

Giroud Jadi Motivator Timnas Prancis di Piala Dunia

SULSELSATU.com - Selain sebagai striker timnas Prancis, Olivier Giroud ternyata punya...

Terapkan Transaksi Non Tunai, Bank Sulselbar Gandeng Pemkab Jeneponto

SULSELSATU.com, JENEPONTO - PT Bank Sulselbar Cabang Jeneponto menggandeng Dinas Pendapatan,...

Sudisman: Saya Pribadi Terlibat dalam G30S/PKI yang Gagal

SULSELSATU.com-Sejak Maret 1966, Partai Komunis Indonesia (PKI) menjadi partai terlarang. Pentolan-pentolannya...

Digosipkan dengan Chelsea Islan, Ini Kata Bastian Steel

SULSELSATU.com, JAKARTA - Mantan personil CJR, Bastian Steel angkat bicara tentang...

Rekor Buruk Sergio Ramos di LaLiga

SULSELSATU.com, Di laga perdana LaLiga, Real Madrid mampu menang 3-0 atas...

Terkini

Dua Korban Gempa Sulbar Dirawat di RS Andi Makkasau Parepare, Begini Kondisinya

SULSELSATU.com, PAREPARE - RSUD Andi Makkasau Parepare saat ini tengah menangani...

VIDEO:Salut, Aksi 3 Ukhti Ajak Bocah Penjual Krupuk Makan di Restoran

SULSELSATU.com - Sebuah video memperlihatkan tiga wanita yang mengajak bocah penjual...

VIDEO: Detik-detik Anggota DPR RI Dedi Mulyadi Marahi Pengemis

SULSELSATU.com - Anggota DPR RI Dedi Mulyadi marah kepada seorang pengemis...

VIDEO: Singgah Jenguk Orang Tua, Ustadz Das’ad Latif Selamat dari Gempa Bumi

SULSELSATU.com - Ustadz Das'ad Latif menceritakan dirinya selamat dari gempa bumi...

Pemkot Parepare Siapkan Posko Peduli Gempa Sulbar

SULSELSATU.com, PAREPARE - Pemerintah Kota (Pemkot) Parepare bergerak cepat aksi peduli...