iklan Kareba Parlementa

7 Jurus Menghadapi Orang yang Benci Sama Kita

Iklan Humas SulSel

3. Tingkatkan rasa percaya diri yang kamu punya

Banyak orang yang merasa begitu terpukul ketika mengetahui ada orang yang membencinya. Tidak sedikit juga orang yang langsung down saat mengetahui dan mendengar bahwa ada desas-desus fitnah yang disebarkan oleh haters Hal tersebut tentu saja sangat merugikan kita.

Untuk menghadapi itu, kita harus meningkatkan percaya diri. Jika kita memang tidak melakukan hal-hal yang salah, ada baiknya kita melakukan klarifikasi.

Selain itu, dengan tetap menunjukkan rasa percaya diri yang tinggi adalah cara lain menghadapi haters.

Kamu bisa tertawa atau tersenyum pada saat mendengarkan hinaan yang tidak sesuai dengan kenyataan, kamu bisa tetap berpikir positif, kamu bisa tetap tidak menanggapi apapun yang dilakukan oleh membencimu, atau jadilah lebih baik jika membencimu adalah orang yang iri dengan keberhasilanmu. Dengan cara itu, para haters akan kewalahan sendiri dan merasa malu karena telah menyebarkan kata-kata yang tidak sesuai dengan kenyataan.

Tidak perlu khawatir ketika menghadapi orang yang iri terhadap kita. Walaupun mereka rajin menebar fitnah, namun biasanya orang lain akan mengetahui apa sebenarnya yang terjadi.

4. Hindari orang yang membenci kita

Jika orang yang membenci kita adalah tetangga, teman di kampus, apa mungkin teman sekelas, tidak perlu khawatir. Kita bisa menghindarinya dengan cara-cara yang tampak normal. Namun jika tidak memungkinkan, kita tetap bisa menghindarinya dengan berbagai strategi dan akal-akalan.

Misalnya, saat di rumah, agar tidak sering bertemu dengan tetangga yang membenci kita, kita bisa keluar rumah pada jam yang berbeda dengan tetangga. Atau di kelas, kita bisa memilih tempat duduk yang sedikit jauh dari tempat duduk yang membenci kita. Jika ia adalah teman bekerja, mengambil tempat beristirahat atau tempat makan yang berbeda pada saat beristirahat adalah cara lain untuk menghindarinya.

5. Hadapi pembenci dan ajaklah ia berbicara untuk menyelesaikan masalah

Kadangkala, seorang hater membenci kita karena mereka salah paham, atau tidak mengetahui siapa diri kita yang sebenarnya.

Agar mereka bisa mengetahui siapa sebenarnya kita, bagaimana sifat asli yang kita miliki, dan untuk mengetahui sumber masalah yang menjadi akar penyebab kesalahpahaman, biasanya bisa diluruskan dengan berbicara empat mata. Cara ini seringkali berhasil dan menjadi solusi tepat untuk menghadapi para pembenci.

Berbicaralah secara terbuka dan mintalah pendapatnya apa yang menyebabkan dia membencimu. Dengan begitu, kamu akan mengetahui lebih jelas akar permasalahannya.

Jika penyebabnya adalah karena kesalahan yang kamu lakukan, maka jangan ragu-ragu untuk meminta maaf. Namun jika hal tersebut ternyata bukanlah salahmu, maka kamu harus memberikan klarifikasi dan penjelasan agar para pembenci mengerti yang sebenarnya.

6. Jangan gegabah dan mudah emosi

Saat kita mengetahui orang lain membenci kita, tidak menyukai kita, atau menebar fitnah, sangat mudah bagi kita tersulut emosi yang ujung-ujungnya dapat menyebabkan kita lepas kendali dan melakukan hal-hal yang gerabah.

Sebisa mungkin, kendalikan emosi, respon dengan cepat emosi yang ada pada diri kita dengan cara positif, segera selesaikan masalah, hadapi orang yang membenci kita, dan sebisa mungkin jangan pernah lari dari masalah.

Jika orang yang membenci kita langsung memberikan olok-olokan di depan kita atau di depan orang ramai, redam emosimu dan katakanlah yang sebenarnya.

Jika terasa sulit, segeralah menghindar. Menghindar bukan berarti mengakui bahwa kita kalah, tapi menghindar untuk menenangkan diri dan untuk mencari waktu yang tepat untuk berbicara dengan orang yang membenci kita nanti.

Sebisa mungkin, hindarilah berbagai bentuk kekerasan fisik. Karena balasan di dunia maupun di Akhirat sangat tegas pada orang-orang yang melakukan serangan verbal maupun fisik yang merugikan orang lain.

7. Cerdas dalam bertindak

Kadangkala kita tidak hanya menghadapi haters yang menebar kebencian di dunia nyata melainkan juga di dunia maya.

Beberapa tips untuk menghadapi orang yang membenci kita di dunia maya antara lain: kamu bisa memblokir orang yang membencimu, atau kamu juga bisa melaporkan kepada pihak yang berwajib mengenai ancaman, trolling, atau berbagai bentuk kata-kata yang merugikan kita.

Dengan begitu, kita tidak perlu repot menghadapinya karena sudah ada hukum yang bisa menjerat orang yang menebar kebencian, menjatuhkan, merusak nama baik, atau memfitnah kita. Jangan lupa untuk menyimpan berbagai screenshot yang berkaitan dengan setiap kata-kata yang buruk yang disampaikan oleh pembenci untuk dijadikan sebagai bukti.

Uploader: Akbar nur Qadri

Iklan PDAM
...

Populer

OPINI: Tantangan Pendidikan di Tengah Pandemi Covid-19

Oleh Triliana s. Utina (Mahasiswa Universitas Gorontalo) Pandemi Covid-19 memaksa masyarakat dunia mendefinisikan makna hidup, penyebaran virus corona (Covid-19) yang semakin hari semakin meningkat menjadi...

VIDEO: Pemotor Trail Lakukan Pelecehan, Sentuh Area Sensitif Wanita Berkemben di Sungai

SULSELSATU.com - Seorang pengendara motor trail tega melakukan pelecehan terhadap seorang wanita di sebuah sungai. Dalam video terlihat wanita seksi berkemben atau memakai kain jarik. Kejadian...

6 Kerajaan Tertua di Indonesia

SULSELSATU.com - Negara Indonesia adalah negara yang mempunyai banyak kerajaan pada jaman dahulu. Kerajaan-kerajaan tersebut pernah jaya pada masanya dan kini kita hanya bisa...

7 Jurus Menghadapi Orang yang Benci Sama Kita

SULSELSATU.com, Setiap orang yang membenci kita memiliki alasannya masing-masing. Bisa jadi karena kita terlalu berlebihan, kita memiliki sikap dan sifat yang tidak disukai oleh...

Catat! Berikut Menu Diet Seminggu yang Ampuh

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Baik Diet OCD maupun Diet Mayo, Bagi Sahabat Sehat yang sedang berniat untuk diet, tak ada salahnya untuk mengadopsi gaya hidup...

VIDEO: Inalillahi, Pasar Tradisional Karisa Jeneponto Terbakar

SULSELSATU.com, JENEPONTO – Pasar Tradisional Karisa Jeneponto di Jl. Pahlawan, Kelurahan Empoang, terbakar. Dari pantauan sulselsatu.com, kebakaran terjadi sekitar pukul 10.20 Wita, Kamis malam (24/9/2020). Video...

Ujian SKB CPNS Parepare Selesai, 5 Peserta Gugur

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Ujian Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) formasi 2019 Pemkot Parepare di BKN Kantor Regional IV Makassar, selesai. Selama...

Polres Jeneponto Ungkap Motif Tewasnya Pemuda Asal Bantaeng

SULSELSATU.com, JENEPONTO - Pihak kepolisian Polres Jeneponto berhasil mengungkap motif tewasnya Rendy Sacada (23) pemuda asal Jl, Raya Lanto nomor 21, Tappanjeng, Kabupaten Bantaeng...

Warna Pelat Nomor Kendaraan di Indonesia Bakal Diganti

SULSELSATU.com, JAKARTA - Pelat nomor merupakan salah satu atribut wajib bagi...

Artikel Lainnya

Menolak Dukung Judas Amir, Sejumlah RT di Palopo Dipecat

SULSELSATU.com, PALOPO-Sejumlah Ketua Rukun Tetangga (RT) di Kota Palopo menadadak dipecat...

Real Madrid Tak Ingin Morata Pergi

SULSELSATU.com - Real Madrid dikabarkan tidak ingin kehilangan Alvaro Morata dalam...

Di Hari Santri, Agus AN Ajak Ulama Atasi Masalah Peredaran Narkoba

SULSELSATU.com, SIDRAP -- Wakil Gubernur Sulsel, Agus Arifin Nu'mang menegaskan bahwa...

Biro Umum dan Perlengkapan Pemprov Sulsel Serahkan Tali Asih untuk Honorer

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Biro Umum dan Perlengkapan Setda Sulsel menyerahkan tali...

Mangkuk Antik era Dinasti Qing Terjual Rp 417 Miliar

SULSELSATU.com, HONGKONG - Sebuah mangkuk superlangka dari masa Dinasti Qing berhasil...

Terkini

VIDEO: Gubernur Sulsel Tinjau Pulau Lanjukang, Bakal Jadikan Percontohan Pulau Wisata

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Gubernur Sulawesi Selatan, HM Nurdin Abdullah dan Penjabat...

VIDEO: Kecelakaan Tunggal di Kanal Batua Raya, Pemotor Tewas

SULSELSATU.com - Seorang pemotor tewas saat mengalami kecelakaan tunggal di Jalan...

40 Pelaku Usaha Homestay di Gowa Ikut Pelatihan Manajemen

SULSELSATU.com, GOWA - Sebanyak 40 pelaku usaha homestay di Kabupaten Gowa...

Dokter Fadli Edukasi Padagang Pasar Agar Jaga Kesehatan

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Calon wakil Wali Kota Makassar, dokter Fadli Ananda...

VIDEO: Viral, Gerombolan Pemuda Konvoi Bawa Senjata Tajam

  SULSELSATU.com - Segerombolan pemuda di Jakarta Timur melakukan aksi konvoi dengan...