iklan Kareba Parlementa

Susah Tidur? Nah, Lakukan 6 Tips Ampuh Ini

Iklan Humas SulSel

SULSELSATU.com, Menurut sejumlah hasil studi yang dipublikasikan situs kesehatan ternama Amerika WebMD, kurang tidur memicu banyak bahaya. Mulai dari performa seksual yang menurun, hingga kematian.

Tak pelak lagi, kantong berpotensi terguncang bila risiko tersebut terjadi. Jika pun memiliki jaminan asuransi, tetap ada pengorbanan baik materi maupun lainnya, seperti waktu dan tenaga. Tentunya kita tak mau jadi korban selanjutnya
.
Makanya, masalah susah tidur mesti cepat-cepat diatasi. Sebagai referensi, berikut DuitPintar.com menyajikan tips mengatasi insomnia alias susah tidur. Yuk, simak bersama-sama.

1. Jauhi stres
Stres mematikan, tapi tak jelas terlihat. Orang yang kelihatannya santai bisa saja menyimpan beban di pundaknya yang berujung stres. Salah satu gejala stres adalah tidak bisa tidur nyenyak.

Kita hidup hanya sekali. Tak ada gunanya bergumul dengan stres. Bicarakan masalah dengan orang lain untuk dicari solusinya. Bukan malah menyimpannya, karena sewaktu-waktu bisa meledak.

2. Menonton film yang membosankan
Mungkin film yang membosankan sengaja dibuat untuk membantu kita yang susah tidur. Sebab, orang cenderung tidur ketika menonton film yang tidak menarik karena saking bosannya. Buat saja folder berjudul “Film Pengantar Tidur” di hard drive. Begitu susah tidur, langsung tonton salah satunya sambil memeluk guling.

3. Baca buku
Orang jadi mengantuk ketika baca buku bukan karena bukunya tidak bagus. Namun, karena mata pasti lelah saat dipakai untuk membaca. Pada saat itulah muncul dorongan untuk tidur nyenyak.
Makanya, beberapa orang punya kebiasaan baca buku sebelum tidur. Selain menambah pengetahuan, baca buku bermanfaat untuk orang-orang yang susah tidur.

4. Pasang musik yang rileks menjelang tidur
Coba pasang musik yang rileks untuk pengantar tidur. Musik klasik bisa jadi pilihan, atau instrumental. Namun, jangan salah, ada juga orang yang malah bisa tidur saat mendengarkan musik metal. Semua bisa disesuaikan dengan selera saja.

5. Olahraga
Orang kalau capek biasanya melakukan apa? Yak betul, tidur. Jadi, ketimbang frustrasi mata merem tapi tidak tidur-tidur, bisa coba berolahraga. Tak perlu lari maraton atau ikutan mixed martial art, ya.
Cukup stretching dan olahraga ringan seperti angkat beban, sit-up, dan push-up saja. Ini terutama penting untuk mereka yang jarang berolahraga. Badan sehat, dompet pun selamat.

6. Ke terapis atau dokter
Bila susah tidur kronis, saatnya pergi ke terapis atau dokter. Misalnya, sudah mencoba berbagai macam cara tapi mata tetap susah diajak kompromi, segera cari “orang pintar”.

Mungkin ada godaan pakai obat tidur. Namun, sebaiknya jangan dituruti. Pertama, keluar uang untuk barang yang belum tentu aman bagi kesehatan. Kedua, obat itu bisa menimbulkan ketagihan.

Bisa-bisa seumur hidup tergantung kepada obat tidur. Lebih baik temui dokter atau terapis dan ikuti nasihatnya agar tidak susah tidur lagi. Namun, pastikan dokter yang ditemui adalah yang berkualitas, bukan asal pilih.

Susah tidur sepertinya memang sepele, tapi ujungnya bisa membuat dompet berantakan. Segera atasi sedari dini agar rencana keuangan tak terganggu akibat masalah kesehatan.

Uploader: Akbar nur Qadri

   
Iklan PDAM
...

Populer

VIDEO: Istri dan Mertua di Makassar Jadi Korban Pembacokan

SULSELSATU.com - Satu keluarga di Jalan Barawaja, Kecamatan Panakukkang, Makassar dibacok pada Jumat (23/10). Dalam keterangan video, ada tiga korban dalam pembacokan tersebut yang merupakan...

VIDEO: Detik-detik Angin Puting Beliung di Babelan Bekasi

aSULSELSATU.com - Angin puting beliung terjadi di Kecamatan Babelan, Kabupaten Bekasi, Jumat (23/20) pukul 13.10. Angin puting beliung tersebut terjadi setelah hujan deras mengguyur Bekasi....

Rachmad Gobel Tinjau Ambulans NasDem Makassar yang Dibakar, Bakal Diganti 20 Unit

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Wakil Ketua DPR RI dari Partai NasDem Rachmad Gobel meninjau langsung Kantor DPD NasDem Makassar dan ambulans yang dibakar sejumlah oknum...

Sejarah Singkat Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Selasa (19/11/2018) hari ini, umat Muslim di seluruh dunia memperingati hari kelahiran Nabi Muhammad SAW atau biasa dikenal dengan Maulid Nabi...

7 Jurus Menghadapi Orang yang Benci Sama Kita

SULSELSATU.com, Setiap orang yang membenci kita memiliki alasannya masing-masing. Bisa jadi karena kita terlalu berlebihan, kita memiliki sikap dan sifat yang tidak disukai oleh...

VIDEO: Gadis di Jeneponto Dilamar Pakai Helikopter

SULSELSATU.com- Seorang gadis asal Kabupaten Jeneponto dilamar kekasihnya menggunakan helikopter. Gadis tersebut bernama Vieranni yang menitih karir di ibu kota Jakarta sebagai salah satu girls...

OPINI: Tantangan Pendidikan di Tengah Pandemi Covid-19

Oleh Triliana s. Utina (Mahasiswa Universitas Gorontalo) Pandemi Covid-19 memaksa masyarakat dunia mendefinisikan makna hidup, penyebaran virus corona (Covid-19) yang semakin hari semakin meningkat menjadi...

Catat! Berikut Menu Diet Seminggu yang Ampuh

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Baik Diet OCD maupun Diet Mayo, Bagi Sahabat Sehat yang sedang berniat untuk diet, tak ada salahnya untuk mengadopsi gaya hidup...

Catat! Berikut Menu Diet Seminggu yang Ampuh

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Baik Diet OCD maupun Diet Mayo, Bagi Sahabat...

Artikel Lainnya

Total Dukung IYL-Cakka, PPP Ogah Hadiri Kampanye Agus-TBL

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Pasangan calon Gubernur Sulsel nomor urut 2, Agus...

BI: Pencairan THR Tak Picu Kenaikan Harga Jelang Lebaran

SULSELSATU.com, MAKASSAR - THR dan Gaji 13 PNS yang rencananya akan...

Cicu Temui SYL Bahas Cara Tumbangkan Danny?

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Bakal Calon Wakil Walikota Makassar, Andi Rachmatika Dewi...

Fahmi Idris Dorong Airlangga Jadi Cawapres Jokowi di Pilpres 2019

SULSELSATU.com - Politisi senior Partai Golkar Fahmi Idris mengusulkan agar Musyawarah...

Polwan Polres Parepare Akan Jadi Irup di Sejumlah Sekolah

SULSELSATU.com, PAREPARE - Peringati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-70, Polwan Polres...

Terkini

VIDEO: Banjir Pujian, Pramugari Tayamun dan Salat di Pesawat

SULSELSATU.com - Momen seorang pramugari yang sedang menunaikan ibada salat di...

VIDEO: Ketahuan Bawa Kabur Pacar, Pria Ini Dihukum Kepala di Bawah Kaki di Atas

SULSELSATU.com - Seorang pria dihukum gantung kepala di bawah kaki di...

Alasan Kemanusian, RMS Minta Pembakar Ambulans NasDem Dibebaskan

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Aksi unjuk rasa menolak UU Omnisbus Law di...

Majelis Taklim Tallo dan Bontoala Galang Dukungan untuk ADAMA

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Komunitas ibu-ibu majelis taklim tak hanya sebatas memberikan...

VIDEO: Detik-detik Perahu Terbalik di Danau Cikoncang Lebak, 3 Wisatawan Tewas

SULSELSATU.com - Perahu wisata di Objek Wisata Danau Cikoncang, Kabupaten Lebak...