Jadi Tersangka Kasus Penyalahgunaan Aset, Zugito: Saya Siap Bertanggung Jawab

1080
Zulkifli Gani Ottoh
Zulkifli Gani Ottoh

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Mantan Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sulsel Zulkifli Gani Otto angkat bicara terkait penetapannya sebagai tersangka dalam kasus dugaan korupsi penyewaan aset negara, Rabu (13/9/2017).

Kepada sulselsatu.com, Zugito, sapaan akrab Zulkifli, mengaku siap bertanggung jawab atas hal itu.

“Saya siap bertanggung jawab sebagai mantan ketua PWI Sulsel,” kata Zugito, via aplikasi pesan WhatsApp.

Meski begitu, ia mempertanyakan keputusan Polda yang menetapkan dirinya sebagai tersangka dalam kasus tersebut.

Sebab, bagi Zugito, hal yang dilakukannya adalah untuk kepentingan organisasi semata dan bukan untuk kepentingan pribadi.

Sebelumnya, Zugito resmi ditetapkan sebagai tersangka oleh Subdit Tipikor Ditreskrimsus Polda Sulsel, Selasa, (12/9/2017).

Ditreskrimsus Polda Sulsel, Kombes Pol Yudiawan Wibisono mengatakan, Zugito ditetapkan tersangka karena terbukti telah melanggar Peraturan Menteri Dalam Negeri No. 17/2007 tentang pedoman tekhnis pengelolaan barang milik daerah.

“Pada tahun 2010 sampai 2015, Zugito selaku ketua PWI telah menyewakan aset milik pemprov berupa gedung yang terletak di Jalan Andi Pangeran Pettarani Makassar. Dimana bangunan tersebut adalah aset milik pemprov yang dipinjampakaikan kepada PWI Sulsel. Zugito meminjam pakaikan aset pemprov tanpa izin dari pemprov selaku pemilik aset tersebut,” kata Yudiawan.

Selain tanpa izin dari pemilik, dalam hal ini pemprov Sulsel, Yudiawan mengatakan jika hasil dari pada penyewaan aset negara tersebut tidak sama sekali disetorkan kepada pemerintah provinsi.

“Uang hasil sewa tidak disetorkan kepada kas daerah Sulsel, sehingga perbuatan Zugito menimbulkan kerugian negara sebesar Rp 1,6 miliar lebih sesuai dengan hasil audit BPKP (Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan) Sulsel,” ujarnya.

Atas pelanggaran tersebut Zugito dijerat dengan Pasal 2 ayat 1 subsider Pasal 3 UU No.31/1999 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi.

Penulis : Habib Rahdar
Editor : Awang Darmawan

Rekomendasi Berita

Berita Terkini

SAR dan RMS Dapat Amunisi dari Bang Ogi Community

SULSELSATU.com, SIDRAP - Sekretaris DPW Partai Nasdem Provinsi Sulawesi...

Canangkan Zona Integritas, Kejari Parepare Komitmen WBK dan WBBM

SULSELSATU.com, PAREPARE - Kejaksaan Negeri (Kejari) Parepare telah mencanangkan...

Andi Maryam Ajak Emak-Emak Pilih Caleg Perempuan

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Keterwakilan kaum perempuan dalam pesta demokrasi...

Baca Juga