Survei Median: Elektabilitas Jokowi Tinggi Dibandingkan Prabowo

images-ads-post

SULSELSATU.com, JAKARTA – Lembaga survei Median merilis survei elektabilitas bakal calon presiden untuk Pemilu 2019. Hasilnya, elektabilitas Jokowi masih tinggi dibandingkan Prabowo Subianto.

“Jokowi 36,2%, Prabowo 23,2%, SBY 8,4%, Anies Baswedan 4,4 %, Gatot Nurmantyo 2,8%, Jusuf Kalla 2,6%,” kata Direktur Survei Median Rico Marbun, di Cikini, Jakarta Pusat, Sehingga (2/10).

Survei digelar pada 14-22 September 2017 di seluruh provinsi dengan 1.000 responden yang dipilih secara random. Margin of error 3,1% dan tingkat kepercayaan 95%.

Rico merinci bahwa dalam survei kali ini elektabilitas Jokowi berada di bawah 50%, padahal sebelumnya selalu di atas 50%. Saat yang bersamaan, munculnya nama SBY, Gatot dan Anies dalam bursa survei.

“Kalau kita lihat pertama perolehan suara Jokowi di bawah 50 persen, unggul tapi tidak dominan. Kenapa? Kita bisa melihat ada problem masyarakat, stres level meningkat, dan isu sensitif yang dipercaya dalam proporsi tertentu masyarakat kita,” paparnya.

“Ada 63,8 persen publik yang tidak memilih beliau,” imbuh Rico.

Rico menilai masyarakat sebetulnya sedang mencari tokoh alternatif di luar Jokowi dan Prabowo, sehingga muncul beberapa tokoh alternatif.

“Yang terakhir yang kami lihat ada nama Pak SBY. Mengapa ada fenomena penguatan SBY? Menurut saya masih ada relevansi dengan data ekonomi, kalau kita lihat. Kamu tanya lebih baik mana mas asby dan Jokowi? Sekarang ini publik sedang membandingkan masa Jokowi dan masa lalu,” bebernya.

Atas hal itu, Rico menuturkan bahwa Jokowi punya PR besar jika ingin mempertahankan posisinya sebagai presiden, salah satunya dengan memastikan program-programnya berjalan baik.

“Yang paling utama keraguan publik terhadap Jokowi mampu menyelesaikan masalah,” ucap Rico.
Berikut hasil elektabilitas para kandidat capres Pemilu 2019:

1. Jokowi: 36,2%
2. Prabowo: 23,2%
3. SBY: 8,4%
4. Anies Baswedan: 4,4%
5. Gatot Nurmantyo: 2,8%
6. Jusuf Kalla: 2,6%
7. Hary Tanoesoedibjo: 1,5%
8. Aburizal Bakrie: 1,3%
9. Ridwan Kamil: 1,2%
10. Tri Rismaharini: 1%
Tokoh Lainnya: 4,1%
Tidak menjawab: 13,3%

Uploader : Agung