Hujan Meteor Orionid Bakal Hiasi Langit Malam Ini

Ilustrasi hujan meteor Orionid (INT)

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Hujan Meteor Orionid akan terjadi pada malam ini, Jumat (20/10/2017). Dengan mata telanjang saat malam tiba semua orang bisa menyaksikan benda langit yang menampakan diri.

Masyarakat bisa menyaksikan hujan meteor pada 21-22 Oktober 2017. Hujan meteor Orionid kali ini dinilai cukup bagus, karena selain malam Minggu, langit tidak terganggu cahaya bulan karena fase bulan baru.

Luangkan waktu waktu Anda untuk menikmati pemandangan spektakuler bersama teman dan keluarga. Dalam ilmu astronomi, setiap bulan Oktober langit akan menjadi lintasan meteor dari rasi Orion.

Baca Juga: Indra Sjafri Sudah Siapkan Strategi untuk Lawan Korsel U-19

Orang pertama yang menemukan hujan meteor Orionid adalah E.C. Herrick (Connecticut, USA) tahun 1839. Menurut Herrick, hujan meteor Orionid terjadi setiap tanggal 8 sampai 15 Oktober. Pada tahun tahun 1840, Herrick menyebutkan hujan meteor Orionid terjadi perubahan yaitu dari tanggal 8 sampai 25 Oktober.

Dikutip dari Space.com, hujan meteor Orionid secara presisi ditemukan A. S. Herschel tanggal 18 Oktober 1864, saat itu, 14 meteor ditemukan berasal dari rasi Orion. Di tahun 1865, tepatnya tanggal 20 Oktober, Herschel menyebut hujan Meteor berasal dari Rasi Orion. Hujan meteor Orionid merupakan sisa debu ekor komet Halley.

Lintasan meteor dari rasi Orion ini akan terjadi mulai tengah malam sekitar pukul 22:00 WITA di timur laut dan terus beranjak naik ke langit menuju titik meridian. Bulan yang baru saja memasuki fase bulan baru akan menghilang dari langit malam dan berganti jadi hujan meteor Orionid.

Editor: Febriansyah

Komentar :