Yuk Cicipi Kopi Gayo Sangger Khas Aceh

Kopi Gayo (INT)

SULSELSATU.com, ACEH – Jalan-jalan ke Aceh tak lengkap bila tidak menikmati kopi gayo di kedai kopi Solong Coffee. Kopi gayo merupakan salah satu kopi terbaik dunia varietas kopi arabika yang berasal dari dataran tinggi gayo.

Solong Coffee sangat legendaris di Banda Aceh, karena telah berdiri sejak 1974. Kedai kopi ini terletak di Jalan T. Iskandar No. 13-14A, Ulee Kareng, Banda Aceh.

Banyak warga Aceh, dari berbagai kalangan, dan pendatang mampir ke kedai ini. Tempat ini pun menjadi tempat wajib untuk didatangi apabila ke Banda Aceh.

Di sini Anda bisa menikmati dua jenis kopi gayo robusta dan espresso yang didatangkan dari Kota Takengon. Disajikan bersama makanan tradisional Aceh, seperti timpan, limpeng, kue jala, dan kue adee.

Harga kopinya terbilang murah berkisar antara Rp7 ribu sampai Rp19 ribu. Kedai kopi ini buka sejak pagi pukul 06.00 hingga pukul 23.00.

Hj Nawawi, pemilik Solong Coffee, mengatakan minum kopi sudah menjadi gaya hidup orang Aceh sejak dulu. Kedai kopinya menjadi tempat orang-orang bersosialiasi, melepaskan penat pekerjaan, dan menyelesaikan masalah.

“Yang ke sini banyak orang-orang kantor rapat, dan mahasiswa yang mengerjakan tugas. Bagi orang Aceh, kita lebih mudah menyelesaikan masalah di kedai kopi, dan melepaskan penat,” kata Nawawi di Banda Aceh, Jumat 10 November 2017.

Anda bisa mencoba kopi susu, capucino, kopi latte, dan yang khas Aceh adalah kopi sangger. Kopi sangger asli Aceh ini mirip kopi susu, hanya saja campuran susunya lebih sedikit.

Nawawi menceritakan awal terciptanya kopi sangger. Dia menuturkan kopi ini bermula dari permintaan para mahasiswa yang memesan kopi dengan campuran sedikit susu.

Mereka lalu meminta pengertian kepada pemilik kedai untuk memberikan harga murah, karena mahasiswa tidak memiliki banyak uang. Nah istilah Sangger ini berarti sama-sama mengerti.

“Sangger ini artinya sama sama mengerti. Dulu harga kopi Sangger Rp700,” katanya.

Soal rasa kopi gayo tentu tak diragukan lagi. Bersantai sejenak di kedai kopi sambil menyeruput kopi sangger tentunya akan membuat Anda melupakan sejenak kepenatan hidup.

Editor : Agung Hidayat

BAGIKAN

Komentar :