iklan Kareba Parlementa

Sejarah Singkat 10 November Diperingati Sebagai Hari Pahlawan

Iklan Humas SulSel

SULSELSATU.com – Hari ini, Bangsa Indonesia memperingati 10 November Hari Pahlawan. Namun mungkin banyak yang belum tahu kenapa pada tanggal 10 November di tetapkaN sebagai Hari Pahlawan.

Momentum perayaan ini tentaunya bukan hanya sekedar hadiah, melainkan untuk mengenang jasa para Pahlawan yang telah rela mengorbankan jiwa, raga dan hartanya untuk memperjuangkan dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Maka dari itu kita wajib menundukkan kepala untuk mengenang jasa mereka di hari Pahlawan 10 November ini.

Hari Pahlawan tanggal 10 November dilatarbelakangi dari pertempuran yang terjadi di Surabaya. Perang di kota Surabaya pada tanggal tersebut adalah pertempuran terbesar dalam sejarah Revolusi Nasional Indonesia dan menjadi simbol perjuangan pahlawan Indonesia terhadap aksi kolonialisme.

Pemerintah Indonesia pada tanggal 31 Agustus 1945 mengeluarkan maklumat yang menetapkan mulai 1 September 1945 bendera Merah Putih harus dikibarkan di seluruh wilayah Indonesia, aksi pengibaran bendera sang saka merah putih pun sampai ke seluruh pelosok di kota Surabaya.

Perobekan bendera Belanda di Hotel Yamato, Surabaya (Pelajar Sejati)

Aksi heroik pengibaran bendera di Surabaya terjadi saat pejuang beraksi melakukan perobekan bendera Belanda di Hotel Yamato atau Hotel Oranye pada zaman kolonial, dan menggantinya dengan Merah Putih, peristiwa ini banyak diabadikan dalam buku-buku sejarah Nasional.

Hingga sekarang, peristiwa pertempuran Surabaya diperingati sebagai Hari Pahlawan. Peringatan ini tidak hanya sekedar untuk mengajak seluruh rakyat Indonesia mengingat peristiwa heroik arek-arek Surabaya, tetapi juga merenungi kembali pengorbanan mereka kepada tanah air yang mereka cintai.

Kematian Jenderal Mallaby

Brigadir Jenderal Mallaby.(National Army Museum)

Setelah gencatan senjata antara pihak Indonesia dan pihak tentara Inggris ditandatangani tanggal 29 Oktober 1945, keadaan berangsur-angsur mereda hanya bentrokan-bentrokan kecil saja. Namun Bentrokan bentrokan senjata di Surabaya memuncak dengan terbunuhnya Brigadir Jenderal Mallaby.

Pada tanggal 10 November 1945 subuh pasukan Inggris melakukan aksi yang di sebut Ricklef sebagai “pembersihan berdarah” di suluruh sudut kota. Serangan mengerikan itu dibalas dengan pertahanan rakyat yang galang oleh ribuan warga kota.

Daripada mengikuti ultimatum meletakan senjata dan meninggalkan kota, arek Surabaya justru memilih tetap bertahan meskipun konsekuensi pilihan tersebut berarti adalah jatuhnya korban jiwa.

Peperangan 10 November (Foto/merdeka.com)

 

Pihak Inggris dalam waktu tiga hari telah berhasil merebut kota. Akan tetapi, pertempuran baru benar-benar reda setelah tiga minggu. Hal ini menandakan betapa gigihnya perlawanan arek Surabaya. Dari pertempuran itu, 6000 rakyat Indonesia gugur dan ribuan lainnya meninggalkan kota.

Makna Arti Hari Pahlawan 10 November

Mengutip sebuah ungkapan bahwa “Bangsa Yang Besar Adalah Bangsa Yang Menghormati Pahlawannya”. Maka dari itulah Hari Pahlawan memang perlu untuk di peringati setiap tahunnya.

Dialnsir dari eratekno.com, memang kita tidak ikut mengorbankan nyawa seperti para pejuang di Surabaya kala itu. akan tetapi tugas kita saat ini adalah memberi makna baru kepahlawanan dan mengisi kemerdekaan sesuai dengan perkembangan Zaman. Saat memperjuangan dan mempertahankan kemerdekaan, para pahlawan telah mengorbankan nyawanya.

Mari kita tiru semangat juang para pahlawan yang telah gugur dengan berkontrobusi terhadap setiap perkembangan bangsa Indonesia.

Editor: Febriansyah

Iklan PDAM
...

Populer

Selain Bupati, 5 Kadis di Jeneponto Positif Covid-19

SULSELSATU.com, JENEPONTO - Selain Bupati Jeneponto Iksan Iskandar dan Istrinya Hamsiah Iksan dinyatakan Positif Covid-19, sebanyak 5 Kepala Dinas di Jeneponto juga dinyatakan positif...

OPINI: Tantangan Pendidikan di Tengah Pandemi Covid-19

Oleh Triliana s. Utina (Mahasiswa Universitas Gorontalo) Pandemi Covid-19 memaksa masyarakat dunia mendefinisikan makna hidup, penyebaran virus corona (Covid-19) yang semakin hari semakin meningkat menjadi...

6 Kerajaan Tertua di Indonesia

SULSELSATU.com - Negara Indonesia adalah negara yang mempunyai banyak kerajaan pada jaman dahulu. Kerajaan-kerajaan tersebut pernah jaya pada masanya dan kini kita hanya bisa...

Wagub Paparkan Penanganan Covid-19 Bersama Delapan Provinsi

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Presiden menginstruksikan untuk memprioritaskan penanganan wabah Covid-19 di delapan provinsi. Dengan harapan, provinsi yang menjadi prioritas dan daerah dengan zona risiko...

7 Jurus Menghadapi Orang yang Benci Sama Kita

SULSELSATU.com, Setiap orang yang membenci kita memiliki alasannya masing-masing. Bisa jadi karena kita terlalu berlebihan, kita memiliki sikap dan sifat yang tidak disukai oleh...

VIDEO: Ospek Online Unesa, Videonya Viral

  SULSELSATU.com - Ospek mahasiswa baru di Universitas Negeri Surabaya (Unesa) secara online viral di media sosial. Video tentang Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) di...

Catat! Berikut Menu Diet Seminggu yang Ampuh

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Baik Diet OCD maupun Diet Mayo, Bagi Sahabat Sehat yang sedang berniat untuk diet, tak ada salahnya untuk mengadopsi gaya hidup...

Demo Germak di Barru Ricuh, 1 Mobil Pecah dan Seorang Polisi Terluka

SULSELSATU.com, BARRU - Demontrasi yang dilakukan Gerakan Mahasiswa Anti Korupsi (Germak) Berlangsung Ricuh. Dari pantauan Sulselsatu.com, Kehadiran para demonstrasi ini sebelumnya berangkat dari Makassar, beberapa...

Artikel Lainnya

FOTO: Ramadhan Tiba, Gepeng Menjamur

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Sejumlah gelandangan dan pengemis (Gepeng) terlihat di tempat...

Rajab Wakafkan 80 Buku ke Rumah Pengetahuan

SULSELSATU.com - Buku itu jendela dunia, buku itu pintu kehidupan. Melalui...

Pengunjung Beautiful Malino Membludak, Kemacetan Mengular Hingga Malam

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Event pariwisata Beautiful Malino yang digelar oleh Pemkab...

Terungkap, Ini Alasan Pria Malas Pamer Foto Pasangannya di Sosmed

SULSELSATU.com - Kebanyakan perempuan suka membagikan momen yang dialaminya dengan berfoto...

Danny Termakan Berita Hoax Soal Pelimpahan SMK-SMA

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Wali Kota Makassar Moh. Ramdhan Pomanto termakan berita hoax...

Terkini

VIDEO: Kadis Dukcapil Jeneponto Positif Covid-19, Pelayanan Distop Sementara

SULSELSATU.com, JENEPONTO – Pelayanan di Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil)...

Pilkada 2020, DKPP Catat 98 Pelanggaran Kode Etik Penyelenggara

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) mencatat sebanyak 98...

Luhut Apresiasi Langkah Gubernur Sulsel Karantina OTG Corona di Hotel Berbintang

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar...

Dit Polairud Polda Sulsel dan Sat Polair Polres Jajaran Siapkan Internet Gratis untuk Belajar Daring

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Di tengah wabah Covid-19 yang sedang melanda, membuat...

Gunakan Mobil Water Canon, Brimob-Pemkot Parepare Semprot Disinfektan di Area Publik

SULSELSATU.com, PAREPARE - Gabungan TNI-Polri bersama Pemkot Parepare kembali melakukan penyemprotan...