Gagal Lolos, Italia Hanya Jadi Penonton di Piala Dunia 2018

Kiper timnas Italia, Gianluigi Buffon menangis usai gagal membawa negaranya lolos ke Piala Dunia 2018. (INT)

SULSELSATU.com – Gianluigi Buffon dkk harus rela hanya menjadi penonton di Piala Dunia 2018. Timnas Italia gagal melaju ke putaran final Piala Dunia setelah bermain imbang 0-0 dengan Swedia pada pertandingan leg kedua play-off di San Siro, Selasa (14/11/2017) dinihari Wita.

Hasil tersebut membuat Italia tersingkir lantaran kalah agregat dari Swedia. Sebelumnya, Italia kalah 0-1 saat bermain di markas Swedia.

Setelah kalah di leg pertama, Italia bermain menyerang total di San Siro. Tim besutan Giampiero Ventura itu memaksa Swedia bertahan di sepanjang pertandingan.

Buktinya, Italia langsung tampil menekan sejak peluit kick-off dibunyikan. Tim tuan rumah menggempur Swedia dan berusaha segera mendapatkan gol.

Italia meminta penalti pada menit kedelapan setelah Marco Parolo dijatuhkan oleh Ludwig Augustinsson. Namun, wasit tak menganggap kejadian itu sebagai pelanggaran.

Swedia kemudian gantian meminta penalti karena menganggap Matteo Darmian melakukan handball. Wasit juga tak mengabulkannya.

Pada menit ke-16, Ciro Immobile menjajal peruntungannya melalui tembakan dari sudut sempit. Upaya ini tak membuahkan hasil karena bola cuma mengenai sisi luar jala gawang.

Antonio Candreva membuang peluang emas yang dia peroleh pada menit ke-28. Meski Candreva berdiri bebas di kotak penalti Swedia dengan ruang tembak yang ideal, tembakannya masih sedikit melambung.

Italia nyaris unggul pada menit ke-40. Immobile langsung berhadapan dengan kiper Robin Olsen di kotak penalti dan menembak. Bola tembakan Immobile sudah melewati Olsen, tapi tak masuk gawang karena masih ada
Andreas Granqvist yang langsung membuangnya.

Di menit-menit akhir babak pertama, Alessandro Florenzi punya peluang untuk membawa Italia unggul. Tapi, sepakannya dimentahkan oleh Olsen. Hingga turun minum, skor masih 0-0.

Florenzi kembali mendapatkan kans di awal babak kedua. Pemain AS Roma itu menyambut umpan silang Darmian dengan tembakan akrobatik, tapi arah bola masih sedikit melenceng.

Tak kunjung mendapatkan gol yang mereka butuhkan, Italia menarik keluar Darmian dan Gabbiadini. Sebagai gantinya, Stephan El Shaarawy dan Andrea Belotti dimainkan.

Italia terus menggempur Swedia dan punya kesempatan di menit ke-83. Namun, sundulan Parolo bisa diantisipasi oleh Olsen. Tak berselang lama, tembakan mendatar Belotti tak menemui sasaran.

Percobaan El Shaarawy pada menit ke-87 terlihat sangat menjanjikan. Tembakan voli El Shaarawy dari dalam kotak penalti meluncur deras ke arah gawang, tapi Olsen menunjukkan refleks yang sangat baik untuk menepis bola.

Italia terus berusaha di sisa waktu. Akan tetapi, permainan Italia cenderung monoton. Alhasil, tak satu gol pun tercipta hingga peluit akhir babak kedua dibunyikan.

Juara dunia empat kali itu akhirnya harus menangisi kegagalan mereka lolos ke putaran final pada tahun depan. Dalam sejarah Piala Dunia, Italia sebelumnya cuma sekali gagal lolos, yaitu pada 1958.

Editor: Awang Darmawan

Komentar :