Menteri Pertanian Panen dan Tebar Benih Padi di Maros

Menteri Pertanian, Amran Sulaiman menebar benih di Desa Tanete, Maros

SULSELSATU.com, MAROS – Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman menghadiri acara panen padi di Desa Tanete, Kabupaten Maros, Kamis (16/11/2017).

Kehadiran Amran, yang didampingi didampingi Kepala Litbang Pertanian Muhammad Syakir, Bupati Maros Hatta Rahman, Ketua DRPD Maros, Chaidir Syam, serta personil TNI dan polri, mendapat sambutan hangat dari masyarakat.

Pada kesempatan itu, Amran membeberkan solusi untuk mecukupi kebutuhan beras nasional. Salah satunya adalah petani harus menanam 1 juta benih per hektar setiap bulan.

“Kalau satu hektar dikali 6, ini minimal ya, itu sudah 6 juta ton. Kita bagi dua, itu sudah tiga juta ton beras. Itu rumusnya. Hal itu kalau kita lakukan sampai 100 tahun kita tidak impor. Kita doakan menteri berikutnya lebih tangguh,” katanya

Diketahui, Desa Tanete, memiliki luas 400 hektar sawah tadah hujan. Dengan Padi jenis IP 300, lahan tersebut mampu menghasilkan 7 sampai 8 ton padi per hektar.

“Kalau dikali 7 sampai 8 ton, itu jadi 320 ribu ton padi, jumlah yang sangat besar,” tambahnya.

Usai panen padi, Mentan dan pejabat lainnya juga menyemai benih padi ke lahan baru dan berdialog dengan kelompok Tani Rumbia. Dia juga memberi bantuan ekskavator, mesin traktor panen padi, pompa air dan pupuk ke kelompok tani.

Penulis: Indra Sadli Pratama
Editor: Ramdhan Akbar