Aziz Sebut Jeneponto Bisa Sejahtera dengan Ballo

Calon wakil gubernur Sulsel, Aziz Qahhar Mudzakkar. (IST)

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Bakal calon Wakil Gubernur Sulsel Aziz Qahhar Mudzakkar ingin menjadikan minuman tradisional, ballo, sebagai salah satu kekuatan ekonomi masyarakat Sulsel.

Salah satunya dengan mengolah Ballo dari pohon aren maupun lontar, menjadi gula merah. Di Sulsel, Ballo tersebar merata di seluruh kabupaten. mulai dari Toraja, hingga Jeneponto.

Jeneponto bisa dikatakan sebagai salah satu daerah penghasil ballo terbesar. Daripada disalahgunakan untuk menjadi minuman beralkohol, pasangan Nurdin Halid itu, ingin mengolahnya menjadi gula merah yang dapat di pasarkan lintas provinsi.

“Jika dikelola dengan tepat, insya Allah ballo’ ini bisa sejahterakam masyarakat Jeneponto,” kata Aziz, melalui Rilis kepada Sulselsatu.com, Kamis (23/11/2017).

Tak hanya itu, Aziz ternyata memiliki kemangan dengan ballo di Jeneponto. Seperti yang diungkapkan Anggota DPR RI dari Fraksi Hanura, Mukhtar Tompo.

“Tahun 2013, Ustaz Aziz pernah ke rumah saya di Jeneponto dan minum ballo sama-sama,” kenang Mukhtar Tompo.

Tak hanya menikmati manisnya ballo, kata Mukhtar, Aziz juga menitip pesan dan mengapresiasi petani setempat.

“Beliau juga memberi nasihat kepada segenap petani ballo dan mengapresiasi lontaran sakti sebagai wadah pembinaan ekonomi kerakyatan dan juga menginspirasi dalam pembinaan ummat,” tutup Mukhtar.

Penulis: Ramdhan Akbar
Editor: Alam Malik