Hari Ini, Trump Akan Akui Yerusalem Sebagai Ibu Kota Israel

Kompleks bangunan suci di Yerusalem. (Foto: Wikipedia)

SULSELSATU.com – Presiden Amerika Serikat Donald Trump direncanakan mengumumkan keputusannya terkait diakuinya Yerusalem sebagai ibu kota Israel, Rabu (6/12/2017) hari ini.

Kendati kebijakan itu dilakukan secara hati-hati, namun keputusan tersebut mengabaikan peringatan yang bisa memicu lonjakan kekerasan di Timur Tengah.

Dilansir dari AFP, Rabu (12/6/2017), pejabat senior AS menyatakan Trump akan membuat sebuah pengumuman penting di Gedung Putih, sekitar pukul 13.00 waktu setempat.

“Dia akan mengatakan pemerintah AS mengakui Yerusalem adalah ibu kota Israel,” kata seorang pejabat senior pemerintah, yang berbicara tanpa menyebut nama.

“Dia memandang ini sebagai pengakuan atas sejumlah fakta, termasuk fakta sejarah dan fakta modern,” ucapnya.

Trump juga dikabarkan akan memerintahkan pemindahan kedutaan AS dari Tel Aviv ke Yerusalem.

“Perlu beberapa waktu untuk menemukan lokasi yang tepat, untuk mengatasi masalah keamanan, merancang fasilitas baru, mendanainya dan membangunnya,” kata pejabat tersebut, yang mengindikasikan langkah tersebut tidak dilakukan dengan segera.

“Pemindahan memerlukan waktu bertahun-tahun, tidak dalam bulan. Hal ini memang memakan waktu,” tambahnya.

Status Yerusalem merupakan isu sentral dalam konflik Israel-Palestina, dengan kedua belah pihak mengklaim kota itu sebagai ibu kota mereka.

Para pemimpin Arab Saudi, Mesir, Yordania, Uni Eropa, Perancis, Jerman dan Turki memperingatkan Trump untuk tidak mengumumkan pengakuannya terkait Yerusalem.

Untuk mengantisipasi demonstrasi yang meluas, pejabat pemerintah AS diminta menghindari Kota Tua Yerusalem dan Tepi Barat.

Editor: Febriansyah

BAGIKAN

Komentar :