IYL dan Danny, Firdaus: Saya Yakin Lolos Jalur Independen

Pilgub Sulsel, Pilgub, Pilkada Serentak 2018, Pilgub Sulsel 2018, Firdaus Muhammad, Nurdin Halid, NH, Nurdin Abdullah, NA, UIN Alauddin Makassar, Bosowa, KPU, Koalisi Pilgub, Arah Koalisi Pilgub Sulsel
Pengamat politik UIN Alauddin, Firdaus Muhammad. (INT)

SULSELSATU.com, MAKASSAR — Tahapan Pemilihan Kepala Daerah di Provinsi Sulsel dan Kota Makassar mencatat masing-masing memiliki satu pasangan kandidat yang menempuh jalur Independen atau perseorangan.

Tingkat provinsi yaitu pasangan Ichsan Yasin Limpo – Andi Mudzakkar. Sementara pada tingkat kota yakni pasangan Danny Pomanto-Indira Mulyasari. Masing-masing telah menyetor berkas dukungan KTP elektronik dan kini melaju pada tahap verifikasi administrasi.

Seperti diketahui bersama, bahwa Ichsan dan Danny sebelumnya telah diusung melalui partai politik tetapi mereka menempuh jalur independen.

Fenomena tersebut dalam analisis politik Firdaus Muhammad sebagai kandidat perseorangan rasa partai.

“Itu perseorangan rasa partai. Keduanya dibilang punya kekuatan politik yang cukup besar. Tapi memilih independen,” kata Firdaus di tengah-tengah peserta diskusi peluang dan tantangan calon perseorangan pada Pilgub Sulsel 2018 di Kedai Kopi Phoenam, Makassar, Rabu (6/12/2017).

Kekuatan politik Ichsan tercatat setelah memimpin Kabupaten Gowa selama dua periode. Sementara, Danny kini tercatat sebagai petahana. Satu periode jabatannya telah ditempuh.

Keduanya tanpa partai diperhitungkan berpeluang memenangkan pemilihan.

“Bila paslon maju independen berhadapan dengan paslon partai maka peluang independen cukup besar. Hanya itu semua ditentukan oleh pergerakan politik kandidat,” kata Firdaus.

Khusus, Ichsan dan Danny, ia catat sudah mempersiapkan jauh hari untuk jalur independen ini. Terbukti dengan jumlah dukungan KTP elektronik yang dikumpulkan. “Saya yakin bakal lolos di tahapan independen,” tutup Firdaus.

Penulis: Esa Ramadana
Editor: Alam Malik

BAGIKAN

Komentar :