Jika Tembus Arena Pilgub, Agus-TBL Bakal Jadi “Kuda Hitam”

Pasangan Agus Arifin Nu'mang- Tanribali Lamo. (Int)

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Tensi politik menjelang pendaftaran bakal calon gubernur Sulsel jalur partai, terus memanas.

Selama ini, bakal calon gubernur Sulsel, Agus Arifin Nu’mang sering disebut akan “buang handuk”. Karena dari beberapa hasil survei, elektabilitas Agus tidak mampu menyaingi kandidat lain. Sehingga, enggan diusung partai politik.

Namun, belakangan ini, nama Agus kembali disebut-sebut akan masuk “sirkuit” perebutan kursi orang nomor satu di Sulsel itu, 2018 mendatang.

Baca juga: Menguat Usung Agus- TBL, Gerindra Sulsel Mulai “Kebakaran Jenggot”

Wakil Gubernur Sulsel dua periode itu, dikabarkan akan mendapatkan rekomendasi dari sejumlah partai, seperti Gerindra dan PKS.

Agus bahkan disebut telah menggandeng Tanribali Lamo (TBL), untuk memudahkan menggalang dukungan partai. TBL sendiri, merupakan “mantan” Nurdin Abdullah yang kini memilih berpaket dengan Andi Sudirman Sulaiman.

Pengamat politik Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar, Dr Firdaus Muhammad, menilai paket Agus-TBL, memiliki kekuatan politik mumpuni. Keduanya juga merupakan tokoh di Sulsel.

“Bakal menjadi kekuatan politiknya yang kuat kalau paket Agus-TBL mendapatkan partai. Kekuatan ketokohan keduanya juga akan menguat dan menjadi ancaman bagi kontestan pilgub yang lain,” kata Firdaus kepada Sulselsatu.com, Rabu (6/12/2017)

Namun, pejalanan Agus-TBL masih memiliki tantangan yang cukup besar. Pasalnya kandidat yang bertarung di pilgub, bukanlah tokoh “ecek-ecek”.

Baca juga: Terancam Kehilangan Gerindra, NA Pilih Irit Bicara

Seperti Nurdin Halid yang saat ini menjabat ketua harian DPP Golkar, yang menggandeng Senator DPD RI yang juga Putra Qahar Mudzakkar, Aziz Qahar Mudzakkar.

Selain itu, Ada Paket Ichsan Yasin Limpo-Andi Mudzakkar (IYL-Cakka), keduanya merupakan mantan bupati dua periode. IYL di Gowa, dan Cakka di Luwu. Cakka juga diketahui meruapakan putra dari Qahar Mudzakkar.

Di sisi lain, Paket Nurdin Abdullah-Andi Sudirman Sulaiman (Prof Andalan), juga memiliki kekuatan yang sama kuatnya. Nurdin Abdullah merupakan Bupati Bantaeng dua periode dengan segudang prestasi. Dan wakilnya, Sudirman Sulaiman, merupakan adik dari menteri pertanian kabinet Kerja Jokowi, Amran Sulaiman.

“Tentunya mereka (Agus-TBL) harus siap bersaing dengan kandidat lain. Perlu strategi untuk mengalahkan kandidat lain yang juga cukup kuat, pasangan ini bisa menjadi kiuda hitam,” tutupnya.

Penulis: Ramdhan Akbar
Editor: Alam Malik

BAGIKAN

Komentar :