Lakukan Hal Ini Agar Android Anda Terhindar dari Virus

Ilustrasi Handphone Android (Foto: INT)

SULSELSATU.com – Serangan melalui program jahat memang telah marak terjadi. Biasanya serangan tersebut sengaja dilakukan untuk mencuri data atau merusak sebuah sistem.

Sebagai perangkat yang cukup banyak digunakan, serangan lebih terjadi kepada pengguna Android. Oleh karena itu jika Anda menjadi salah satu penggunanya, sebaiknya selalu memerhatikan keamanan perangkat yang dimiliki.

Salah satu hal yang bisa dilakukan pengguna Android agar terhindar dari malware adalah tak sembarangan mengunduh aplikasi. Hal ini sebenarnya bisa diatur oleh pengguna agar tak menginstal dari sumber yang tak diketahui.

Secara default sebenarnya Google mencegah pengguna memasang aplikasi dari sumber lain selain Play Store. Cara terbaik untuk melindungi diri adalah dengan tidak menginstal aplikasi dari sumber yang tak diketahui dan dinonaktifkan.

Dilansir dari CNet, Rabu (31/5/2017), penempatan opsi yang tepat akan bervariasi berdasarkan perangkat yang Anda miliki. Namun, pada umumnya, ia terdapat di aplikasi Setting di bawah Security > Unknown Source.

Dengan menonaktifkan Unknown Source mungkin tak membuat smartphone Anda aman 100%. Namun dengan menonaktifkan sumber yang tak diketahui akan menjadi garis perlindungan pertama yang kuat yang akan mencegah malware agar tak memiliki akses terbuka ke perangkat.

Editor: Febriansyah

BAGIKAN

Komentar :