Jelang Verifikasi Faktual Calon Independen, KPU Sulsel Mulai Susun Strategi Khusus

Aktivitas KPU Sulsel menjelang verifikasi faktual caon perseorangan di Grand Asia, Makassar, Rabu 6 Desember 2017 malam. (Sulselsatu.com/Esa Ramadana)

SULSELSATU.com, MAKASSAR — Jelang verifikasi faktual, tahapan independen bakal pasangan calon Gubernur Sulsel pada 12 hingga 25 Desember mendatang, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulsel mulai berbenah.

KPU Sulsel pun mengumpulkan panitia penyelenggara pemilihan kepala daerah (Pilkada) tingkat kabupaten dan kota di posko tahapan independen di Hotel Grand Asia, Makassar, Rabu-Jumat (6-8/12/2017).

Jumlah mereka ada 3 orang per kabupaten maupun kota. Sementara diketahui Provinsi Sulsel tercatat ada 24 kabupaten kota “Semua panitia hadir baik itu kabupaten dan kota. Tidak ada yang absen,” kata Komisioner KPU Misna Attas.

Misna dalam kesempatan ini, sebagai pembicara di hadapan para peserta untuk mengkoordinasikan tugas-tugas yang bakal diempu kepada panitia.

“Panitia kabupaten kota ini kami berikan petunjuk-petunjuk terhadap verifikasi faktual yang memenuhi syarat dan berstandar sesuai dengan peraturan KPU,” kata Misna yang ditemui usai kegiatan, Rabu (6/12/2017).

Petunjuk teknis yang berhubungan tata cara beserta tahapan penulisan dokumen. “Misalnya, catatan pendukung yang kami sudah catat, terus panitia mengecek atau memfaktualkan dukungan tersebut di lokasi dan memberikan penilaian lolos tidaknya pada tahapan ini,” kata Misna yang juga pernah menjabat sebagai Ketua KPU Makassar beberapa waktu lalu.

Intinya, petugas panitia penyelenggara dapat mempertanggungjawabkan keputusan yang diambil. Sementra itu, KPU menjadwalkan penyerahan dokumen asli dukungan bakal pasangan calon perseorangan pada Pilgub Sulsel akan diserahkan paling lambat tanggal 8 Desember.

Penulis: Esa Ramadana
Editor: Alam Malik

Komentar :