Obati Flu dengan Bawang Putih

Ilustrasi Bawang Putih (Foto: INT)

SULSELSATU.com – Kalau sudah terserang demam atau pilek, aktivitas sehari-hari pasti terganggu. Belum lagi kalau ada banyak pekerjaan yang belum diselesaikan, jadi makin stres saja rasanya. Mengobati demam dan pilek ada banyak caranya, salah satunya dengan menggunakan bahan alami seperti bawang putih

Bawang putih dipercaya mampu mengatasi flu. Sejak zaman romawi banyak orang yang telah menggunakan bawang putih sebagai obat untuk berbagai macam penyakit.

Dilansir dari laman The Sun, penelitian baru mencatat bahwa nenek moyang kita menggunakan bawang putih sebagai resep untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Bawang putih berkhasiat mengobati demam, batuk, sakit perut, sakit kepala, sinusitis, masalah tekanan darah, kolestrol tinggi, bahkan bisa sebagai penangkal bisa ular.

Bawang putih dapat menguatkan sistem kekebalan tubuh, antivirus, antibakteri, antioksidan, dan melancarkan saluran napas.

Uji klinis yang diterbitkan dalam The Journal of Nutrition menyatakan, orang yang mengonsumsi bawang putih mentah memiliki tingkat aktivitas gen yang lebih tinggi.

Konsumsi bawang putih akan menyebabkan peningkatan produksi sel darah putih yang akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Hal tersebut terjadi karna bawang putih memiliki kandungan vitamin C, mineral seperti selenium, enzim, dan senyawa sulfur yang berkhasiat memperbaiki sistem imun pada tubuh orang yang sedang flu.

Penelitian yang telah dilakukan menguatkan bawang putih mengandung senyawa alisin yang mampu mengatasi flu. Hanya saja mereka belum bisa memastikan secepat apa bawang putih bisa mengatasi flu.

Sebagai obat flu, para ahli menyarankan untuk mengiris atau menghancurkan bawang putih mentah bersama cengkeh dan menyantapnya.

Namun jika tidak kuat untuk makan bawang putih mentah, pakai bawang putih dalam campuran sup. Gunakan bawang putih dan bahan lain seperti lada untuk membuat sup.

Selain bawang putih, bahan dapur seperti jahe, kandungan antivirus pada jahe mampu meredakan flu.

Editor: Febriansyah

BAGIKAN

Komentar :