Tahun Depan, Diskominfo Rampungkan 50 Titik WiFi Gratis di Makassar

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Makassar, Ismail Hajiali. (Sulselsatu.com/Mawar A. Pasakai)

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Makassar menargetkan pengadaan 50 WiFi di ruang publik rampung 2018 mendatang.

Program ini masuk dalam rencana strategis lima tahun Pemerintah Kota Makassar.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Makassar, Ismail Hajiali mengatakan, hingga tahun 2017, Diskominfo telah memasang sebanyak 15 titik WiFi di ruang publik, termasuk di daerah kepulauan.

“15 titik sudah terpasang, 20 titik sementara pemasangan. Pulau Kodingareng kan sudah ada, ini sementara Barrang Lompo dan Pulau Lakkang sementara,” katanya di salah satu cafe di Jalan Arif Rate, Kamis (8/12/2017).

Ismail menjelaskan, kecepatan WiFi dibuat berbeda di setiap titik.

Untuk titik-titik yang ramai dikunjungi masyarakat, pihaknya sudah mamasang sekitar 10-20 Mbs.

“Kapasitas 10-20 Mbs itu kita pasang saat jam kerja. Kita juga tidak bagi rata besaran kapasitasnya. Misalnya di Karebosi banyak pengunjung ke sana, jadi kita alihkan jaringan yang lokasinya kosong ke titik yang padat pengunjung,” jelasnya.

“Masyarakat kita sudah bisa menikmati hotspot gratis di beberapa titik-titik seperti Anjungan Pantai Losari, Lapangan Karebosi, Lapangan Hasanuddin, Taman Macan Lapangan Hasanuddin. dan beberapa fasilitas publik lainnya,” tambah Ismail.

Penulis: Mawar A. Pasakai
Editor: Awang Darmawan

BAGIKAN

Komentar :