Twitter Rilis Politikus Paling Dibicarakan di Indonesia

SULSELSATU.com – Melanjutkan tradisi yang sudah berjalan setiap tahun, Twitter Indonesia kembali merilis daftar tren-tren yang populer di platform media sosial tersebut selama tahun 2017. Ada banyak data menarik dari Twitter Indonesia yang dikumpulkan selama setahun ini, salah satunya adalah tokoh politisi paling sering dibicarakan.

Momen politik memang tidak bisa lepas menjadi perbincangan hangat di media sosial seperti Twitter. Berbagai hal seputar politik sering kita jumpai di linimasa Twitter, bahkan tidak sedikit yang beradu argumen karena beda pandangan politik.

Di tengah ramainya pembicaraan politik, ada beberapa tokoh politisi yang paling sering menjadi bahan pembicaraan di Twitter. Twitter Indonesia mengungkap ada 5 politisi yang dipergunjingkan di platform microblogging tersebut selama tahun 2017.

Berikut ini kelima politisi yang paling banyak dibicarakan di Twitter.

1. Basuki Tjahaja Purnama (@basuki_btp)

Tahun 2017 tentunya menjadi tahun di mana mantan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, menjadi sorotan luas masyarakat Indonesia. Kasus penistaan agama yang menimpanya menjelang Pemilihan Gubernur DKI Jakarta lalu mengundang komentar berbagai pihak.

Adanya tagar #FreeAhok yang disuarakan para pendukungnya di Twitter membuat dirinya menjadi politisi atau pejabat pemerintah yang paling banyak dibicarakan selama 2017 versi Twitter Indonesia.

Gubernur DKI Jakarta yaitu Basuki Tjahaja Purnama (@basuki_tp) alias A. Tagar #Freeahok menempatkan dirinya menjadi Politisi atau Pejabat Pemerintah yang paling banyak dibicarakan versi Twitter.

2. Joko Widodo (@jokowi)

Di urutan kedua, ada nama Presiden RI Joko Widodo yang sering menjadi perbincangan di Twitter. Melalui akun Twitter-nya, Jokowi sering membagikan informasi seputar agenda kerja, evaluasi kerja kenegaraan, hingga kegiatan bersama keluarga.

Tak hanya dalam skala nasional, perbincangan tentang Jokowi juga mencakup skala global. Sebagai pemimpin negeri ini yang aktif membagikan berbagai hal di media sosial, tak aneh melihat Jokowi ada di posisi kedua.

3. Anies Baswedan (@aniesbaswedan)

Posisi ketiga ditempati oleh Gubernur DKI Jakarta saat ini, Anies Baswedan. Momen Pilgub DKI Jakarta lalu ternyata menyita perhatian warganet seluruh Indonesia. Pencalonannya bersama Wakil Gubernur Sandiaga Uno mengundang pembicaraan di Twitter hingga kini.

4.Fahri Hamzah (@Fahrihamzah)

Tidak perlu kaget. Politisi Fahri Hamzah ternyata ikut menjadi perhatian para pengguna Twitter. Tentu saja kicauan kontroversial yang sering dilontarkan Fahri lewat akun resminya selalu mengundang berbagai respons dari para pengikutnya.

Kicauan Fahri yang cenderung blak-blakan membuat netizen selalu ‘siap menyambutnya’ dengan respons pro dan kontra. Akun Twitter politisi ini memang tidak pernah sepi.

5. Setya Novanto (sn_setyanovanto)

Nah, posisi kelima ini pastinya sudah bisa kamu duga. Ketua DPR Setya Novanto belakangan terus menjadi sorotan publik karena ia terganjal kasus korupsi E-KTP dan berbagai kejadian yang mengiringinya dalam proses penyelidikan.

Hal ini membuatnya menjadi buah bibir yang ramai dibicarakan di Twitter dalam satu sampai dua bulan terakhir. Tagar #IndonesiaMencariPapah, #SaveTiangListrik, hingga #ThePowerofSetnov menjadi perbincangan yang hangat dan dinamis. Topik terkait Setnov terus diproduksi dan menjadi konsumsi masyarakat dari kasus hukum sampai meme yang menghibur.

Editor : Agung Hidayat

Komentar :